Sabtu, 01 April 2017

Penyebab dan Cara Efektif Mencegah Osteoporosis

Penyebab dan cara efektif mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi dimana kualitas kepadatan tulang dalam tubuh mengalami penurunan. Kondisi inilah yang menyebabkan tulah setiap orang menjadi kropos dan tidak mampu lagi untuk mengangkan benda-benda berat. Osteoporosis itu sendiri merupakan suatu penyakit yang memiliki sifat khas yaitu masa tulang yang rendah yang disertai dengan mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang menyebabkan kerapuhan.

Osteoporosis biasanya terjadi pada orang yang telah lanjut usia atau sudah tua. Namun ada kemungkinan juga terjadi pada anak. Ya, osteoporosis pada anak disebut juga dengan juvenile idhiopathic osteoporosis. Itu sebabnya jangan pernah menyepelekan penyakit yang satu ini. Karena bukan hanya terjadi pada orang tua, yang masih muda pun bisa terserang osteoporosis. Lalu mengapa bisa terserang osteoporosis? Bagaimana cara mencegahnya agar tidak terserang osteoporosis.? Osteoporosis itu sendiri terjadi akibat kekurangan hormon estrogen yang membantu pengangkutan kalsium kedalam tulang. Sedangkan cara pencegahannya pada umumnya adalah harus selalu menjaga pola hidup sehat dan jangan pernah menunda untuk menjaga kesehatan.


Cara Alami dan Sehat Mencegah Osteoporosis
Cara mencegah osteoporosis

Osteoporosis terjadi akibat kepadatan tulang karena seiring pertambahan usia. Dan diusia muda itulah tulang manusia mengalami masa kondisi paling kuat-kuatnya. Seiring bertambahnya usia, tulang yang lama pun tidak bisa tergantikan oleh tulang yan baru, akhirnya tulang melemah dan kepadatannya pun berkurang. Tulang menjadi lemah, kropos dan lebih rentan retak.

Baca juga: Fakta Tentang Keganasan Penyakit Kanker

Penyebab Osteoporosis

Tahukah anda jika tulang tidak pernah dirawat dan dijaga dengan baik akan mengalami penurunan fungsi lebih cepat? Ya, jika tulang tidak pernah dirawat atau dijaga, tulang akan mengalami kerapuhan atau osteoporosis lebih cepat dibandingkan mereka yang rajin dan rutin merawatnya. Lalu apa penyebabnya? Berikut ini beberapa penyebab terjadinya osteoporosis:

1. Osteoporosis pada wanita

Osteoporosis pada wanita disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen (yaitu hormon yang membantu menjaga kesehatan tulang). Akhirnya kepadatan tulang pada wanita pun mengalami penurunan drastis.
Dan berikut ini adalah kondisi wanita yang lebih beresiko terkena osteoporosis:

> Tidak mengalami menstruasi dalam waktu yang lama

Ya, wanita yang tidak pernah mengalami siklus menstruasi dalam waktu yang lama akan lebih lebih beresiko terkena osteoporosis. Biasanya wanita ini tidak mengalami siklus menstruasi kurang lebih selama 6 bulan. Penyebabnya pun beragam, bisa karena diet berlebihan maupun olehraga berlebihan.

> Manopause dini sebelum usia 45 tahun

Manopause adalah berhentinya siklus menstruasi secara sisiologis yang berkaitan pada tingkat lanjut usia perempuan. Jadi kalau belum usia lanjut tapi telah berhenti, ini berarti mengalami masalah. Dan hal ini pun menjadi penyebab wanita lebih beresiko osteoporosis.

> Menjalani histerektomi sebelum usia 45 tahun

Menjalani histerektomi atau yang biasa dikenal dengan pengangkatan rahim sebelum usia mencapai 45 tahun ini akan menyebabkan wanita beresiko lebih besar terkena osteoporosis. Terutama jika kedua ovarium juga dilakukan pengangkatan.

2. Osteoporosis pada pria

Sedangkan pada pria, osteoporosis terjadi akibat pengaruh hormon osteoporosis yang diidap pria tidak signifikan pada wanita. Pria memang memproduksi hormon testosteron hingga usia tua. Meski begitu tetap ada hubungan antara osteoporosis dengan hormon testorteron yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Dan jika kadar hormon testosteron rendah maka akan beresiko lebih besar terkena osteoporosis.
Dan berikut ini adalah kondisi pria yang lebih beresiko terkena osteoporosis:

> Sering mengkonsumsi minuman keras

Minuman yang memabukkan atau minuman keras merupakan salah satu penyebab osteoporosis. Mengkonsumsi minumankeras ini secara berlebihan dan sering, maka pria pun akan lebih beresiko terkena osteoporosis. Sebab itu hindari minuman keras apapun yang terjadi.

> Gangguan kelenjar pituitari

Kelenjar pituitari adalah kelenjar endokrin yang berbentuk oval kecil pada dasar otak. Jika kelenjar ini mengalami gangguan, priia akan berpengaru lebih besar terserang osteoporosis.

> Kelejar tiroid dan paratiroid yang terlalu aktif

Kelenjar tiroid dan kelenjar paratiroid yang terlalu aktif dalam tubuh pria juga menjadi penyebab pria mengalami resiko lebih besar terserang osteoporosis.

> Berkurangnya kadar hormon estrogen dan testosteron

Inilah salah satu penyebab yang sering terjadi. Berkurangnya hormon pada pria, yaitu hormon estrogen dan testosteron ini akan menyebabkan pria melngalami resiko lebih besar untuk terserang osteoporosis.

Gejala osteoporosis

Osteoporosis yang terjadi pada tubuh seseorang akan menimbulkan beberapa gejala yang bisa anda kenali dengan mudah. Karena gejala ini bisa terlihat jelas apabila memiliki kepekaan. Ya, berikut ini beberapa gejala yang terjadi pada seseorang yang mengalami osteoporosis:
  • Punggung terasa sakit yang berkelanjutan dalam jangka panjang
  • Pernapasan yang terganggu akibat terbatasnya ruang untuk paru-paru mengembang
  • Postur tubuh yang membungkuk karena pengroposan tulang belakang
  • keretakan pada tulang punggung, pangkal paha, dan pergelangan tangan
  • Punggung yang membungkuk membuat tulang punggung sulit mengangkat beban berat tubuh.

Cara Mencegah Osteoporosis

Untuk pencegahan osteoporosis anda bisa melakukan dua cara, yaitu dari kebiasaan hidup anda yang lebih sehat dan juga menjaga serta memilih makanan yang cocok serta menjadi pendukung pencegahan osteoporosis. 

Cara Alami dan Sehat Mencegah Osteoporosis
cara mencegah osteoporosis

Pencegahan osteoporosis dari kebiasaan gaya hidup

1. Olahraga 2-3 jam dalam tiap pekan

Olahraga sangatlah penting untuk dilakukan, selain mencegah berbagai macam penyakit kronis, olahraga juga bisa mencegah terjadi osteoporosis pada tubuh anda. Maka, lakukanlah olahraga rutin setidaknya 2-3 jam dalam sepekan. Anda bisa melakukannya di waktu hari libur atau tiap hari dipagi hari dengan olahraga ringan.

2. Bersahabat dengan sinar matahari pagi

Sinar matahari merupakan sumber dari vitamin D. Vitamin inilah yang dibutuhkan tubuh untuk penyerapan kalsium dalam tubuh. Hal ini dapat membuat gigi dan tulang menjadi lebih kuat dan akhirnya terhindar dari osteoporosis.

3. Menerapkan pola makan sehat

Pola makan sehat juga sangat diperlukan. Konsumsilah makanan yang dapat mendukung kesehatan anda. Ya, tentunya dengan makanan yang memiliki gizi tinggi seperti mineral, vitamin, dan zat yang dapat membantu memperkuat tulang dan juga kekebalan tubuh.

4. Menghentikan kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari juga menjadi salah satu penyebab anda mudah terkena osteoporosis. Ini sebabnya anda perlu untuk menghentikan kebiasaan buruk anda. Hal ini akan merugikan tubuh anda yang akhirnya lebih rentan terkana berbagai macam penyakit.

Pencegahan osteoporosis dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat

1. Susu

Susu adalah salah satu minuman yang dapat mencegah datangnya osteoporosis pada tubuh anda. Merupakan hal wajib bagi anda mengkonsumsi susu jika ingin tulang anda tetap kuat dan terhindar dari oseoporosis. Konsumsi susu secara rutin akan dapat memenuhi kebutuhan harian kalsium dan protein.

2. kurma

Kurma dipercaya memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi. Kedua kandungan itulah yang nantinya diperlukan tubuh anda untuk memperkuat tulang agar tidak mudah retak, kropos, dan melemah. Ini dapat mencegah anda dari penyakit osteoporosis.

3. Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang juga dapat mencegah anda dari osteoporosis. Kacang memiliki kandungan kalsium, magnesium, fosfor, dan mangan. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan, dan salah satunya adalah kesehatan tulang.

4. Telur

Telur juga merupakan salah satu sumber dari protein yang dangat dibutuhkan tubuh. Dan didalam telur juga mengandung vitamin D alami yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan itulah yang nantinya dapat membuat tulang menjadi kebih kuat.

5. Sayuran

Konsumsilah lebih banyak sayuran dalam menu makan tiap hari anda. Sayuran merupakan sumber dari  berbagai macam kandungan yang dibutuhkan tubuh. Dan mengkonsumsi sayuran tiap hari pun akan membuat tulang anda menjadi lebih kuat. Anda bisa memilih misalnya brokoli, bit, kembang kol, dan sayuran lainnya.

6. Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga merupakan sumber dari segala manfaat. Ya, mengkonsumsi buah-buahan setiap hari bahkan diwajibkan agar anda bisa terhindar dari osteoporosis. Karena buah mampu memperkuat tulang anda. Anda bisa memilih buah seperti jeruk, apel, strowberry, pir, dan buah-buahan lainnya.

Demikian beberapa informasi tentang cara alami dan sehat mencegah osteoporosis. Pada intinya pencegahan osteoporosis perlu dilakukan sejak dini dengan menjaga pola hidup dan pola makan sehari-hari. Tetaplah jaga kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

0 komentar

Posting Komentar