Jumat, 31 Maret 2017

10 Fakta Tentang Kanker dan Cara Pencegahannya

Fakta tentang kanker dan cara pencegahannya - Kanker adalah suatu penyakit dimana sel-sel dalam tubuh tidak tumbuh dengan normal, sehingga berubah menjadi sel kanker. Sel-sel kanker ini mampu berkembang dalam waktu yang tidak lama. Bahkan akibat perkembangan sel kanker dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Kanker memang menjadi momok yang paling menakutkan bagi setiap orang. Karena termasuk pada golongan penyakit kronis mematikan. Untuk penyembuhan kanker sendiri memang ada, tapi akan sulit bila penyakit yang dideritanya telah parah. Ini sebabnya kita perlu mencegahnya sejak dini agar tidak tumbuh sel kanker dalam tubuh kita.
Fakta Tentang Kanker dan Cara Pencegahannya
Fakta tentang KANKER

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Itulah kata-kata yang perlu dipegang erat agar kita selalu berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan. Untuk mencegah kanker, tentunya anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai kanker. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa lebih mengenal kanker dan lebih mudah untuk mencegahnya. Anda bisa menyimak fakta tentang kanker berikut ini.

Fakta tentang kanker 

  1. Setiap manusia memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Sebelum sel kanker ini berkembang biak hingga bermilyaran, sel ini tidak akan bisa terlihat dalam tes standard. Jadi, apabila dokter mengatakan tidak ada sel kanker lagi dalam tubuhnya, itu berarti tes yang dilakukan tidak mampu mendeteksi sel kanker didalam tubuh.
  2. Ketika kekebalan tubuh manusia menguat, maka sel kanker akan dicegah pembiakannya dan pembentukan tumor pada sel.
  3. Dalam tubuh manusia, sel kanker terjadi sebanyak antara enam sampai sepuluh kali.
  4. Ketika manusia didiagnosa mengidap penyakit kanker, maka ada indikasi manusia memuliki gangguan nutrisi. Bisa karena faktor lingkungan, genetik, gaya hidup, maupun makanan yang dikonsumsi. Ubah cara diet dan juga gunakan suplemen untuk menanggulangi gangguan nutrisi.
  5. Kemoterapi dapat menjadi penyebab sel kanker beracun tumbuh dengan cepat dan merusak sel sehat. Serta dapat merusak organ paru-paru, ginjal, dan sebagainya.
  6. Menggunakan radiasi untuk menghancurkan sel kanker juga bisa menghancurkan sel sehat, jaringan, serta organ dalam tubuh.
  7. Perawatan awal menggunakan kemoterapi dan radiasi dapat mengurangi ukuran tumor. Tapi penggunaan yang berkepanjangan tidak akan bisa menghancurkan tumor.
  8. Kemoterapi dan radiasi akan dapat mengakibatkan sel kanker bermutasi dan berubah sifat menjadi menentang serta sulit untuk dilumpuhkan. Dan melakukan pembedahan dapat menyebabkan sel kanker menyebar ke daerah lain.
  9. Cara efektif menangani adalah dengan membuat sel kanker lapar dengan cara tidak memberinya makanan yang dapat membuatnya berkembang biak dengan baik.
  10. Dinding kanker dilapisi oleh protein yang tangguh. Dengan mengkonsumsi daging akan dapat melawan dinding protein sel kanker dan juga membiarkan sel kanker pembunuh membunuh sel kanker. 

Cara Mencegah Kanker dengan Cepat

Setelah anda mengetahui beberapa fakta mengenai kanker dan sel kanker. Kini saatnya anda melakukan pencegahan agar sel kanker tidak berkembang dengan baik pada tubuh anda. Yang paling utama adalah selalu menjaga pola hidup dengan baik dan sehat. Berikut cara mencegah berkembangnya sel kanker:

1. Memeriksa resiko karena keturunan

Kanker bisa berkembang biak melalui faktor genetik atau keturunan. Jika keluarga atau saudara anda ada yang menderita penyakit kanker, maka kemungkinan anda juga memiliki resiko terkena kanker. Sebab itu sangat perlu untuk memeriksa pada keluarga dan juga saudara anda apakah ada yang menderita kanker.

2. Menjauhi alkohol

Alkohol meriupakan salah satu penyebab sel kanker bisa berkembang biak dengan baik dan cepat dalam tubuh. Untuk itu sebaiknya anda menghindari minuman yang satu ini agar anda juga terhindar dari kanker. Ini merupakan cara efektif bagi anda untuk mencegah timbulnya penyakit kanker dalam tubuh anda.

3. Menghindari rokok

Selain alkohol, rokok juga merupakan salah satu penyebab kanker. Dan bahkan rokok pun memiliki presentase tinggi dalam perannya mendatangkan penyakit kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok merupakan salah satu cara efektif bagi anda untuk mencegah agar tidak anda tidak terjangkit penyakit yang mematikan ini.

4. Menghindari makanan yang di asap dan di bakar

Makanan yang cara pengolahannya denagan cara diasap dan dibakar memang bisa menjadi pemicu datangnya penyakit kanker. Dan menghindari makanan dengan olahan seperti diasap dan dibakar bisa menjadi pilihan terbaik agar anda selalu terhindar dari penyakit kanker. Carilah makanan dengan olahan lain yang lebih sehat.

5. Menghindari makanan dengan zat pewarna

Selain makanan yang diolah dengan cara diasap atau dibakar. Makanan yang dicampur dengan zat pewarna juga bisa menjadi penyebab timbulnya kanker. Semua zat pewarna meskipun itu pewarna makanan. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pewarna demi kesehatan anda yang terhindar dari kanker.

6. Menghindari makanan berlemak

Makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih juga bisa menyebabkan berkembangnya sel kanker dengan baik. Berat badan anda pun akan naik berkali lipat. Maka, hindarilah makanan yang berlemak tinggi. Kalaupun anda ingin mengkonsumsinya, jangan mengkonsumsi berlebihan dan jangan juga dalam porsi yang banyak. Dengan menghindari makanan berlemak akan membantu tubuh anda terhindar dari kanker

7. Makan makanan kaya serat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan seratnya juga menjadi salah satu cara untuk mencegah datangnya penyakit kanker dalam tubuh anda. Makanan yang kaya akan serat seperti sayuran atau buah-buahan seperti mangga, jeruk, kedondong, dan lain sebagainya. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan seray agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga.

8. Mengkonsumsi vitamin A, C, dan E

Vitamin A, C, dan E memiliki sifat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E akan membantu menghindarkan tubuh anda dari serangan sel kanker yang mematikan. Konsumsilah secara rutin setiap harinya.

9. Rutin olahraga

Olahraga juga sangat berperan penting dalam mencegah kanker. Dengan olahraga rutin akan membantu tubuh anda tetap kuat melawan kanker dan juga menjauhkan anda dari penyakit kanker. Tak perlu olahraga yang berat-berat. Anda bisa olahraga ringan seperti angkat besi, lari pagi keliling komplek, atau sekedar jalan santai setiap pagi. Yang penting dilakukan secara rutin.

Demikian artikel tentang beberapa fakta mengenai kanker dan juga cara pencegahannya. Lakukan pencegahan sejak sekarang dan jangan pernah menundanya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan termiakasih.

Baca juga: Cara Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Baik

0 komentar

Posting Komentar