Jumat, 12 Mei 2017

10 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan. Jika sebelumnya kita membahas mengenai manfaat ikan tuna, kali ini kita akan membahas manfaat dari ikan salmon untuk kesehatan. Bagi sebagian orang, ikan salmon memang bukanlah ikan yang asing untuk dimanfaatkan. Hal ini karena kandungan zat gizi dan nutrisi di dalamnya yang membuat ikan salmon sangat bermanfaat untuk kesehatan.

10 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan
10 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Berbicara tentang ikan salmon, ikan ini sangat muah untuk ditemui di negara Indonesia ini, bahkan di perairan Indonesia jumlah ikan salmon sangatlah melimpah. Namun sayang, tidak begitu banyak orang yang memanfaatkan ikan salmon. Padahal jika dilihat manfaatnya sangatlah banyak dan sangat baik untuk kesehatan. Ikan yang satu ini tidak kalah dengan jenis ikan-ikan lainnya.

Ikan salmon memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Inilah yang membuat ikan salmon sangat bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin. Kandungan apa saja yang terdapat dalam ikan salmon?

 

Kandungan Gizi Ikan Salmon

  • Vitamin A, B, B6, D, dan E.
  • Asam lemak omega 3 (EPA & DHA).
  • Asam amino.
  • Protein berkualitas tinggi.
  • Mineral seperti magnesium, seng, kalsium, zat besi, dan fosfor. 

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Dari banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam ikan salmon, seperti yang tertulis pada daftar di atas, merupakan bukti kuat bahwa ikan salmon benar-benar memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh.

1. Mencerdaskan otak

Ikan salmon memiliki kandungan asam amino, vitamin B6, dan protein, dimana semua kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan otak. Mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin, akan membantu meningkatkan kecerdasan otak dengan lebih baik.

2. Menjaga kesehatan jantung

Jantung sangatlah penting untuk dijaga kesehatannya. Sebab, jantung adalah begian penting dalam tubuh. Salah satu cara untuk menjaganya yaitu dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin. Kandungan zat penting seperti protein, omega 3, dan asam amino dalam ikan salmon merupakan zat yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Konsumsilah ikan salmon secara rutin agar kesehatan jantung tetap terjaga.

3. Baik untuk kesehatan mata

Bukan hanya manfaat wortel saja yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, ikan salmon bisa anda manfaatkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena adanya kandungan vitamin A di dalamnya. Kandungan tersebut akan membantu menjaga penglihatan mata dari penyakit seperti katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata lainnya.

4. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Seperti halnya manfaat ikan tuna, ikan salmon pun bisa membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena adanya kandungan zat gizi dan nutrisi penting yang terdapat di dalamnya, yang membuat ikan salmon sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin, tubuh akan terjaga dan terhindar dari serangan radikal bebas yang menyebabkan banyak penyakit.

5. Menyehatkan tulang

Ikan salmon memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Hal ini tentu sangat baik untuk dimanfaatkan, terutama bagi orang yang sudah tua. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin, akan membantu mencegah datangnya penyakit tulang seperti osteoporosis. Konsumsilah ikan salmon secara rutin agar tulang anda terhindar dari kekeroposan.

6. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon, dapat membantu memenuhi kebutuhan lemak tubuh, sehingga kulit tidak menjadi kusam dan rambut akan tetap terjaga kesehatannya serta terlihat lebih berkulai. Bahkan saking baiknya ikan salmon untuk kesehatan kulit, asam lemak omega 3 kini sedang diuji untuk pengobatan psoriasis.

7. Meredakan depersi

Bagi anda yang sering mengalami stres atau bahkan depresi karena berbagai macam masalah yang menimpa kehidupan, anda tidak perlu khawatir. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara teratur, risiko depresi akan lebih menurun dibandingkan sebelumnya. Dan depresi yang anda alami pun akan lebih cepat mereda. Hal ini karena adanya kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam ikan salmon. Bahkan sebuah studi telah menemukan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi asam lemak omega 3 secara rutin saat menjalani proses kehamilan, mengalami penurunan risiko depresi pasca kehamilan.

8. Menurunkan risiko stroke

Ikan salmon bukan hanya mencegah penyakit jantung saja, kandungan omega 3 di dalamnya juga dapat mencegah dan menurunkan risiko penyakit stroke. Ya, kandungan omega 3 tersebuta akan membantu menurunkan trigliserida dan tekanan darah dalam tubuh. Oleh sebab itu ikan salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

9. Menurunkan risiko kanker ginjal

Akhir-akhir ini banyak orang yang terserang kanker ginjal. Banyak orang yang berasumsi bahwa penyakit ini disebabkan karena kurang mengkonsumsi air putih. Terlepas dari asumsi tersebut, ikan salmon memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu tubuh anda dalam melawan serangan kanker. Sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit kanker, salah satunya kanker ginjal.

10. Menurunkan risiko diabetes

Ikan salmon memiliki kandungan selenium, vitamin D, protein, dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes. Ya, semua kandungan tersebut akan membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Tapi ingat, ikan salmon harus dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya enak, ikan salmon tersebut akan membantu menghindarkan anda dari diabetes.

Itulah beberapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Yang terpenting selain mengkonsumsi ikan salmon, terapkanlah pola hidup sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan meningkat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

0 komentar

Posting Komentar