Senin, 08 Mei 2017

10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Sirsak bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Daunnya pun bisa kita manfaatkan sebagai bahan herbal untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Ya, berdasarkan penelitian bahkan daun sirsak ini mampu mengobati penyakit mematikan seperti kanker. Merupakan suatu keistimewaan yang dimiliki oleh daun sirsak.

10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan
10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Daun sirsak memang memiliki banyak manfaat yang melimpah, terutama bagi kesehatan tubuh manusia yang tak terduga dapat mengobati berbagai macam penyakit. Tentu saja hal ini tidak lepas dari banyaknya kandungan zat-zat penting dalam daun sirsak yang membuatnya sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan.

Berbicara tentang kandungan dalam daun sirsak, ada banyak kandungan zat gizi dan nutrisi di dalamnya yang bisa kita manfaatkan untuk dunia kesehatan. Bahkan kita bisa menjadikannya senjata ampuh untuk bertempur melawan penyakit. Apa saja kandungannya?

Kandungan Daun Sirsak 

  • Iactones
    • Annohexocina
    • Muricoreacina
    • Gigantetronemina 
    • Javoricina
    • Annomutacina 
    • Annomuricina A, B, C dan E
    • Annopentocinas A, B dan C
    • Murihexocina A dan C
  • Isoquinoline
    • Anonaine
    • Atherospermine 
    • Anoniine 
    • Coreximine
  • Lipid
    • CLA
    • Asam Gentisic
    • Asam stearat
    • Asam Lignoceric
     

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Dari semua kandungan yang terdapat dalam daun sirsak, semuanya dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tentunya dengan pengolahan dan pemanfaatan yang benar. Berikut ini sepuluh manfaat daun sirsak untuk kesehatan:

1. Melawan dan mencegah kanker

Salah satu manfaat yang sangat fenomenal yaitu dapat melawan dan mencegah penyakit kanker. Cara kerja daun sirsak yaitu menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat daripada kemoterapi. Bahkan berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktif 10.000 kali lebih kuat daripada kemoterapi dalam melawan sel kanker. Anda hanya perlu merebus 10 daun sirsak dalam 3 gelas air hingga menjadi segelas air. Saring airnya dan minumlah setiap pagi selama 3-4 minggu.

2. Mencegah perkembangan tumor

Selain melawan penyakit kanker, daun sirsak juga sangat berguna dalam mencegan perkembangan tumor. Bukan hanya itu, daun sirsak juga dapat membantu melawan virus, bakteri, dan parasit yang ada dalam tubuh. Sifat penyembuhan yang dimiliki sirsak ini mampu digunakan sebagai obat anti-kejang. Mengkonsumsi daun sirsak secara rutin akan membantu menghindarkan tubuh anda dari penyakit tumor.

3. Mengobati asam urat

Untuk mengobati penyakit asam urat, anda juga bisa memanfaatkan daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan alami yang dapat membantu mengobati asam urat. Anda tinggal merebus 6-10 daun sirsak tua dan masih hijau yang telah dicuci. Resbus dengan 2 gelas air. Setelah mendidih dan tersisa segelas, minumlah secara rutin 2 kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari.

4. Mengobati diabetes

Diabetes atau kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh juga bisa diobati dengan memanfaatkan daun sirsak. Nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak ini dipercaya mampu menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Anda cukup merebus 2-5 daun sirsak yang sudah dicuci. Rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih dan tersisa segelas, minumlah secara rutin di pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin selama 3-4 hari, lalu cek kadar gula darah anda.

5. Mengobati sakit punggung

Sakit punggung memang biasa dialami oleh banyak orang. Untuk mengobatinya, anda bisa mulai olahraga rutin dan menjaga pola hidup sehat. Selain itu, konsumsilah daun sirsak secara rutin sebagai obat herbal. Cukup merebus 20 lembar daun sirsak yang telah dicuci. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minumlah 3/4 gelas setiap harinya agar sakit punggung bisa teratasi.

6. Mengatasi masalah rematik

Masalah rematik memang terkadang merepotkan. Agar bisa diatasi dengan lebih cepat, konsumsilah daun sirsak secara rutin. Obat herbal alami ini akan membantu mengatasi rematik secara perlahan. Cukup menghaluskan daun sirsak  dan oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rematik atau terkena nyeri. Diamkan selama beberapa menit hingga daunnya kering. Lakukanlah dua kali sehari.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh yang menurun bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Untuk menghindari hal itu, anda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal dari daun sirsak. Dengan mengkonsumsinya secara teratur akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

8. Mengobati penyakit kulit

Jika anda memiliki masalah penyakit kulit seperti bisul, eksim, atau lain sebagainya, anda bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai obat herbal yang efektif untuk menyembuhkannya. Anda cukup menghaluskan 5-10 daun sirsak. Lalu tempelkan pada pada bagian tubuh anda yang terdapat bisul atau penyakit kulit berjamur.

9. Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menjadi masalah jika dibiarkan begitu saja. Untuk mengobatinya atau menurunkan tekanan darahnya, anda bisa memanfaatkan daun dari buah sirsak. Kandungan zat penting dalam daun sirsak bisa membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Anda cukup meminum air rebusan dari daun sirsak secara rutin.

10. Mengobati batuk ringan

Anda juga bisa mengobati batuk ringan yang anda alami dengan memanfaatkan daun sirsak. Meski batuk ringan, tapi jika dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengobatinya, anda cukup menyiapkan 7 lembar daun sirsak, lalu remas daunnya dan tampung air hasil remasannya. Kemudian minumlah setiap pagi sebelum anda mengkonsumsi apapun.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Itulah sepuluh manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat bagi kita dan semoga menambah keinginan kita untuk lebih peduli dengan kesehatan tubuh dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Terima kasih sudah membaca.

0 komentar

Posting Komentar