Senin, 08 Mei 2017

10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Manfaat daun mangga untuk kesehatan. Berbeda dengan buah mangga yang memang sudah sangat dikenal akan rasa dan manfaatnya, namun daun mangga masih sangat terdengar asing untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Banyak yang belum tahu mengenai apa saja manfaat dari daun mangga tersebut.

10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan
10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Berbicara tentang daun mangga, sama halnya seperti buahnya yang memiliki kandungan vitamin C yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun kebanyakan orang tidak mau memanfaatkan daun mangga, hanya memanfaatkan buahnya saja. Sebenarnya dalam daun mangga tersimpan khasiat yang sangat luar biasa bagi siapapun yang tahu dan dapat memanfaatkannya dengan baik.

Manfaat dan khasiat yang dihasilkan oleh daun mangga tentu tidak lepas dari banyaknya kandungan zat penting yang ada di dalamnya. Daun yang memiliki nama latin Mangifera Indica ini memiliki banyak kandungan zat penting dan bermanfaat. Kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya?

Kandungan Daun Mangga

  • Vitamin A, B, dan C
  • Quercetin
  • Astragalin 
  • Alkaloid
  • Filsetin 
  • Tannin 
  • Flavonoid 
  • Terpenoid 
  • Steroid
  • Asam galat

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Dari semua kandungan yang dimiliki oleh daun mangga, menghasilkan banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan beberapa penelitian menjelaskan bahwa daun mangga sangat efektif sebagai obat herbal dari beberapa masalah penyakit. Berikut ini sepuluh manfaat daun mangga untuk kesehatan:

1. Mengobati diabetes

Kandungan tanin dan anthocyanin pada daun mangga mampu membantu mengatasi masalah diabetes. Anda bisa menjadikannya sebagai teh daun mangga yang dapat mengobati diabetes angiopati dan retinopati. Selain itu, teh daun mangga juga mampu mengobati hiperglikemia. Bahkan di daerah Eropa telah menggunakan teh daun mangga sebagai obat diabetes serta masalah pembuluh darah yang berkaitan dengan diabetes.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Sama halnya dengan manfaat daun sirsak. Daun mangga juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi para penderita hipertensi. Kandungan di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh anda, bahkan juga mampu memperkuat pembuluh darah rapuh yang dapat menyebabkan hipertensi. Mengkonsumsi secangkir teh mangga setiap harinya akan membantu mempercepat penurunan tekanan darah dengan lebih efektif.

3. Mengatasi masalah pernapasan

Bagi anda yang memiliki masalah gangguan pada pernapasan, anda bisa memanfaatkan daun mangga untuk mengatasinya. Daun mangga ini sangat berguna bagi mereka yang menderita penyakit bronkitis atau penyakit asma. Cara pemanfaatannya cukup dengan direbus, setelah itu campurkan madu sebagai pemanis alami. Ramuan ini juga mampu menyembuhkan batuk serta suara yang hilang.

4. Mengatasi rasa gelisah

Memang yang namanya rasa gelisah dan cemas itu membuat kita tidak tenang dan terkadang merasa sangat direpotkan. Untuk mengatasi rasa gelisah yang mungkin berlebihan, anda bisa memanfaatkan daun mangga sebagai obat alami. Anda cukup menambahkan 2-3 gelas teh daun mangga ke dalam air mandi anda. Cara ini mampu mengobati kegelisahan dan menyegarkan tubuh.

5. Memecah dan mencegah batu empedu dan batu ginjal

Daun mangga juga dapat anda manfaatkan sebagai obat herbal alami penyembuh, pemecah, dan pencegah batu empedu serta batu ginjal. Anda bisa menjadikannya sebagai minuman harian, yaitu dengan mengambil bubuk daun mangga yang digiling, lalu keringkan di tempat teduh dengan air dan simpan dalam gelas semalaman.

6. Menyembuhkan disentri

Untuk mengobati disentri, anda bisa memanfaatkan daun mangga dengan cara mengeringkannya di tempat yang teduh dan kemudian rebusla dengan air. Dengan mengkonsumsi ramuan tersebut akan membantu mengatasi masalah pendarahan disenteri. Konsumsilah secara rutin agar masalah disentri bisa disembuhkan dengan maksimal.

7. Mengobati luka bakar

Jika anda memiliki luka bakar, anda tidak perlu khawatir. Manfaatkanlah daun mangga sebagai obat alami untuk menyembuhkann luka bakar pada kulit anda. Bakarlah daun mangga hingga menjadi abu. Lalu terapkan abu daun mangga ini pada daerah yang mengalami luka bakar. Cara ini mampu memberikan bantuan pengobatan instan.

8. Mengatasi nyeri telinga

Telinga yang terasa sakit atau nyeri memang sangat menjengkelkan. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan daun mangga sebagai obat alami. Caranya, cukup menyiapkan teh sari daun mangga sebagai obat tetes telinga yang sebelumnya telah dipanaskan sedikit. Lakukanlah secara rutin selama telinga anda masih terasa nyeri.

9. Mengatasi masalah cegukan dan sakit tenggorokan

Masalah cegukan dan sakit tenggorokan juga bisa anda atasi dengan memanfaatkan daun mangga. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu mengobati sakit tenggorokan dan masalah cegukan yang tak kunjung berhenti. Bakarlah daun mangga sedikit dan hiruplah asapnya untuk menyembuhkan cegukan dan sakit tenggorokan.

10. Menguatkan perut

Anda juga bisa memperkuat perut anda dengan memanfaatkan daun mangga. Dengan mengkonsumsi ramuan daun mangga akan membantu menguatkan perut anda, sehingga perut menjadi lebih kuat dari serangan penyakit. Untuk membuat ramuannya, cukup menaruh daun mangga dalam air hangat lalu tutup dan biarkan semalaman. Setelah di pagi hari lalu saring airnya dan minumlah selagi perut masih kosong. Lakukan cara ini secara rutin, sebab ramuan tersebut akan bertindak sebagai tonik perut yang baik.

Itulah sepuluh manfaat daun mangga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan semoga bisa meningkatkan keinginan kita untuk lebih antusias dalam memanfaatkan bahan alami sebagai obat. Terima kasih telah membaca.

0 komentar

Posting Komentar