Selasa, 09 Mei 2017

10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Sirsak merupakan salah satu buah yang memiliki banyak nutrisi bagi kesehatan tubuh. Buah yang satu ini memang sudah banyak dikenal akan rasa dan manfaatnya yang melimpah. Banyak cara untuk mengolah buah sirsak, namun kebanyakan orang menjadikannya sebagai jus sirsak yang lebih menyegarkan.

10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan
10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Berbicara tentang buah sirsak. Buah ini memiliki rasa yang sangat nikmat, apalagi jika dijadikan sebagai jus sirsak yang menyegarkan, pasti akan terasa lebih nikmat. Selain itu, buah sirsak juga memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini telah dibuktikan melalui banyak penelitian.

Banyaknya manfaat dari buah sirsak ini tentu tidak lepas dari kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat di dalamnya yang memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Lantas, apa saja kandungan yang terdapat dalam buah sirsak?

Kandungan Buah Sirsak

  • Vitamin A, B, B1, B2, B6, dan C.
  • Karbohidrat (salah satunya: fruktosa).
  • Serat (fiber).
  • Sukrosa, dekstrosa, dan levulosa.
  • Kalium (potassium), magnesium, dan besi.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Dari semua kandungan yang terdapat dalam buah sirsak, membuat buah yang satu ini kaya akan khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Mungkin banyak yang belum tahu apa saja manfaat dari buah sirsak. Nah, berikut ini sepuluh manfaat buah sirsak untuk kesehatan:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti halnya manfaat buah nanas, buah sirsak juga mengandung serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Jika anda merasa tidak enak perut atau merasa mual dan sebagainya, mungkin saja anda sedang mengalami masalah pada sistem pencernaan. Mengkonsumsi jus sirsak dapat membantu mengobati masalah sistem pencernaan. Hal ini karena adanya kandungan serat larut dan tak larut yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Mencegah penyakit osteoporosis

Siapa bilang hanya susu saja yang baik untuk kesehatan tulang? Buah sirsak juga sebenarnya sangat baik untuk kesehatan tulang. Hal ini karena adanya kandungan kalium dan fosfor yang terdapat di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Mengkonsumsi jus sirsak secara rutin akan membantu pembentukan tulang menjadi lebih kuat serta mengurangi penyakit tulang seperti osteoporosis.

3. Menangkal serangan radikal bebas

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah sirsak sangat bermanfaat dalam menangkal serangan radikal bebas. Hal ini karena vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang membuat tubuh menjadi lebih kuat terhadap berbagai macam serangan penyakit dan gangguan kesehatan. Maka, konsumsilah buah sirsak secara rutin agar terbebas dari serangan radikal bebas yang merusak kesehatan.

4. Menjaga kesehatan otak

Memiliki otak yang sehat dan cerdas memang menjadi idaman bagi setiap orang. Nah, untuk mewujudkannya, tentu kita perlu usaha belajar. Selain itu, penuhi asupan yang mendukung perkembeangan otak seperti buah sirsak. Kandungan folat di dalamnya dipercaya mampu menutrisi otak. Jadi, mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kekuatan dalam mengingat.

5. Mencegah gangguan migrain

Jika anda memiliki masalah migrain, anda juga bisa memanfaatkan buah sirsak. Buah ini memiliki kandungan senyawa riboflavin yang mampu mengatasi masalah migrain dan mencegahnya datang kembali. Langsung saja konsumsi sirsak atau jus sirsak jika anda merasa sedang sakit kepala, pusing, atau migrain.

6. Mencegah penyakit kanker yang mematikan

Seperti halnya manfaat buah mangga, buah sirsak juga dapat anda manfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker secara perlahan. Untuk mengatasi atau mencegah penyakit kanker, anda pelru mengkonsumsi buah sirsak secara rutin. Sirsak memiliki kandungan zat fitokimia yang disebut annonaceous acetogenin yang memiliki sifat anti kanker. Tentu hal ini sangat berguna bagi kita dalam mencegah penyakit kanker.

7. Mencegah anemia

Buah sirsak memiliki kandungan zat besi yang dipercaya mampu membantu dalam memproduksi sel darah merah menjadi lebih lancar. Tentu hal ini sangat berguna bagi anda yang memiliki masalah anemia. Anemia atau tekanan darah rendah bisa anda atasi dan anda cegah dengan cara mengkonsumsi buah sirsak secara rutin, baik secara langsung maupun dijadikan jus.

8. Mencegah kram pada otot

Yang namanya kram itu pasti terasa menyakitkan. Untuk mencegah agar anda tidak mengalami kram, konsumsilah buah sirsak secara rutin. Buah ini mengandung kalium yang berfungsi dalam melakukan kontraksi otot dan mencegah terjadinya kram. Untuk mengkonsusinya, anda bisa menjadikannya sebagai jus sirsak atau dikonsumsi secara langsung.

9. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Jika pada manfaat buah apel mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, maka buah sirsak ini memiliki manfaat dalam meningkatkan kadar kolesterol baik. Buah sirsak memiliki kandungan niacinyang yang dipercaya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik. Bukan hanya itu, mengkonsumsi buah sirsak secara rutin juga mampu mencegah kolesterol jahat.

10. Sebagai sumber energi tubuh

Kandungan fruktosa yang terdapat dalam buah sirsak ini sangat berguna dalam meningkatkan energi dalam tubuh. Jika anda ingin memiliki pasokan energi yang melimpah, maka konsumsilah buah sirsak ini secara rutin. Dengan mengkonsumsi buah sirsak, maka asupan energi dalam tubuh anda akan terpenuh dengan baik, dan anda akan terhindar dari kekurangan energi.

Itulah sepuluh manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Manfaatkanlah yang alami selagi masih ada yang alami. Selain hasilnya lebih efektif, juga lebih aman bagi kesehatan. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

0 komentar

Posting Komentar