Selasa, 09 Mei 2017

10 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan

Manfaat buah nanas untuk kecantikan. Nanas merupakan salah satu buah tropis yang memang sudah sangat digemari oleh penduduk di negeri ini. Rasanya yang khas dari buah nanas, yaitu manis keasaman membuat buah ini digemari dan disukai oleh banyak orang. Banyak orang yang memanfaatkan buah nanas, bahkan banyak juga kuliner yang menyajikan menu khusus yang berbahan dasar nanas.

10 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan
10 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan

Berbicara tentang buah nanas, pada artikel sebelumnya kita telah membahas manfaat buah nanas untuk kesehatan. Nah, kali ini kita akan membahas manfaat buah nanas dalam dunia kecantikan. Mungkin banyak yang belum tahu akan manfaat buah nanas untuk kecantikan tubuh, terutama untuk kulit wajah. Bahkan telah banyak di beberapa daerah yang memanfaatkan buah nanas sebagai bahan dasar pembuat produk perawatan kecantikan tubuh, khususnya kecantikan kulit.

Banyaknya manfaat buah nanas untuk kecantikan, tentunya tidak lepas dari kandungan zat penting yang ada di dalamnya. Nanas memiliki kandungan beberapa vitamin, salah satunya vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Nah, berikut ini sepuluh manfaat buah nanas untuk kecantikan:

1. Menjaga elastisitas kulit

Buah nanas memiliki manfaat yang sangat baik dalam dunia kecantikan, salah satunya yaitu dapat menjaga keelastisan kulit. Dengan memanfaatkan buah nanas, maka kulit akan tetapi elastis dan tidak kaku. Caranya yaitu hanya membuat jus nanas yang kemudian dioleskan pada kulit wajah anda secara merata seperti menggunakan masker pada umumnya. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukanlah cara secara rutin dan teratur agar bisa mendapat hasil yang maksimal.

2. Melembabkan dan mencerahkan kulit

Untuk melembabkan kulit dan mencerahkannya, anda bisa memanfaatkan buah nanas. Kandungan zat alami yang terdapat di dalamnya mampu membantu mencerahkan kulit dan mempertahankan kelembabannya. Anda cukup mencampurkan buah nanas dengan santan kedalam blender lalu haluskan. Jangan lupa juga untuk menambahkan gula pasir secukupnya. Lalu gunakan sebagai scrub kulit wajah anda.

3. Melembutkan dan memperkuat kuku

Kuku juga sangat berpengaruh pada penampilan seseorang. Jika anda memiliki kuku yang kotor dan tidak terawat, tentu kecantikan penampilan anda akan menurun. Untuk merawatnya, anda dapat memanfaatkan buah nanas sebagai bahan alami perawatan kuku anda. Mengapa nanas? Karena buah nanas mengandung vitamin B yang efektif melembutkan, menguatkan, menghaluskan, dan memutihkan kuku.

4. Menyehatkan dan melembabkan bibir

Bibir yang pecah-pecah biasanya disebabkan karena kurangnya asupan air dan juga kurang perawatan nutrisi. Untuk mengatasinya dan membuat bibir kembali sehat serta lembab, anda bisa memanfaatkan buah nanas. Cukup campurkan sari buah nanas dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada bibir anda secara merata. Untuk mendapatkan sari nanas, anda bisa menghaluskan buahnya lalu ambil airnya dengan cara diperas dan disaring. Selain lembab dan sehat, bibir juga akan tampak berkilau alami.

5. Memperbaiki tekstur kulit kaki

Tekstur kulit kaki juga sangat perlu untuk diperhatikan. Sebab, apabila memiliki tekstur kulit yang kasar, kering, bahkan pecah-pecah akan membuat penampilan menjadi menurun. Untuk memperbaiki tekstur kulit kaki anda, anda perlu memanfaatkan buah nanas sebagai bahan perawatan alami. Buatlah masker dari buah nanas. Jika biasanya digunakan untuk kulit wajah, kali ini gunakanlah pada kulit kaki anda secara merata.

6. Melangsingkan tubuh

Buah nanas telah dipercaya akan manfaatnya dalam membantu program diet. Ya, sangat cocok bagi anda yang sedang diet atau sedang menurunkan berat badan. Buah nanas memiliki kandungan enzim yang berfungsi memperlancar proses pembakaran pada tubuh. Sehingga berat badan akan tetap terjaga dan menjadi lebih langsing. Sertakanlah hidangan dari buah nanas ini dalam menu diet anda.

7. Mengatasi masalah ketombe dan menyuburkan rambut

Bagi anda yang memiliki masalah ketombe dan rambut yang sering rontok, anda tidak perlu khawatir. Cukup manfaatkan buah nanas sebagai bahan perawatan alami rambut anda. Senyawa cysteine yang terdapat di dalamnya mampu menyehatkan sel-sel kulit kepala dan merangsang adanya regenerasi sel. Dengan perawatan rutin, ketombe pada kulit kepala juga akan diatasi dengan mudah karena kandungan nutrisi dari nanas.

8. Mencegah penuaan dini

Buah nanas juga mampu membantu mencegah maupun memperlambat proses penuaan dini. Penuaan dini biasanya ditandari dengan munculnya kerutan dan garis halus pada kulit wajah. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan buah nanas. Buatlah ekstrak jus nanas, lalu oleskan pada kulit wajah anda secara merata dengan menggunakan kapas. Diamkan selama kurang dari 5 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Menghilangkan bercak hitam pada kulit

Untuk menghilangkan bercak-bercak hitam pada kulit wajah anda sebenarnya tidak lah sulit. Anda bisa memanfaatkan buah nanas sebagai bahan alami pembersih wajah anda. Anda cukup memotong kecil-kecil buah nanas. Lalu oleskan pada bagian kulit wajah anda yang terdapat bercak-bercak hitam. Ingat, jangan terlalu lama. Lakukan selama kurang dari 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

10. Menghilangkan bekas jerawat

Jerawat yang hilang tidak selalu hilang tuntas, terkadang meninggalkan bekas yang terlihat jelas dengan kasat mata. Untuk menghilangkannya, anda perlu melakukan perawatan dengan menggunakan buah nanas. Caranya, parut 100 gram buah nanas dan parut 50 gram mentimun. Campurkan semuanya hingga rata. Lalu tambahkan 1 sendok madu. Setelah tercampur rata dan sedikit mengental, oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Berbaringlah dengan posisi rileks. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, dan bilas dengan air bersih. Pada awal pemakaian akan terasa perih, namun kedepannya akan terbiasa. Lakukan seminggu sekali.

Itulah sepuluh manfaat buah nanas untuk kecantikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Kecantikan adalah harta terbesa bagi wanita, maka jaga dan rawatlah dengan baik. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

0 komentar

Posting Komentar