Kamis, 11 Mei 2017

10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Manfaat wortel untuk kesehatan. Wortel adalah salah satu sayuran yang telah dikenal luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Orang lebih mengenal wortel sebagai sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Hal ini memang benar, karena wortel merupakan sumber vitamin A yang tentu sangat baik untuk kesehatan mata.

10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan
10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Berbicara tentang wortel, sebenarnya sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari sayuran yang satu ini. Tidak hanya baik untuk kesehatan mata saja, melainkan juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tentu saja hal ini akan berdampak apabila dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka tubuh akan dapat merasakan manfaatnya secara lebih maksimal.

Banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari sayuran wortel, tentu tidak lepas dari kandungan zat gizi dan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Kandungan zat-zat penting tersebut berperan sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Apa saja kandungan zat gizi dan nutrisinya?

Kandungan Gizi Wortel

  • Vitamin A, E, dan K.
  • Antioksidan beta karoten (yang membuat wortel berwarna orange).
  • Mineral seperti serat, kalium, mangan, fosfor, folat, dan magnesium.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Dari semua kandungan yang terdapat dalam wortel, membuat sayuran yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh setiap orang yang mengkonsumsinya. Tentunya harus dikonsumsi secara rutin. Nah, berikut ini sepuluh manfaat wortel untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa wortel sangat kaya akan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A lalu ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam penglihatan di malam hari. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula dan juga katarak. Maka, konsumsilah wortel secara rutin agar mata tetap terjaga kesehetannya.

2. Mencegah penyakit stroke

Berdasarkan study yang telah dilakukan di Harvard, menunjukkan bahwa mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah dalam satu minggu akan membantu menekan risiko penyakit stroke dibandikan dengan orang yang mengkonsumsi wortel hanya 1 buah dalam satu mingu. Ini tentu sudah jelas bahwa wortel mampu meminimalisir risiko datangnya penyakit stroke. Maka, konsumsilah wortel secara rutin.

3. Mengurangi risiko penyakit kanker

Wortel juga sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Hal ini karena adanya kandungan hidrat arang, fosfor, dan beta karoten yang membuat wortel sangat bermanfaat untuk tubuh. Semua kandungan tersebut dipercaya mampu mencegah serangan kanker. Bahkan berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali seherai, dapat menurunkan risiko terjadinya serangan kanker sebesar 17%. Para peneliti juga menemukan zat falcarinol dan falcarindiol di dalam wortel yang merupakan zat antikanker

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Bukan hanya bermanfaat mengurangi risiko kanker saja, wortel juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dalam wortel yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dimana darah tinggi tersebut menjadi pemicu datangnya penyakit jantung. Berdasarkan penelitian di Harvard, konsumsilah 6 biji wortel dalam seminggu untuk mengurangi risiko kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Wortel memiliki sifat penyembuh, sifat tersebut sangat bermanfaat dalam membersihkan dan menyaring ginjal. Memang para ahli mengatakan bahwa para penderita penyakit ginjal tidak boleh mengkonsumsi jus. Akan tetapi lain halnya dengan jus wortel. Mengkonsumsi wortel secara langsung atau dijadikan sebagai jus dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh sangatlah penting untuk dipertahankan dan dijaga. Karena dengan kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan kebal dan sulit terserang berbagai macam penyakit. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anda bisa memanfaatkan wortel. Mengkonsumsi wortel secara rutin dapat membantu menjaga tubuh dari serangan virus-virus berbahaya serta mencegah serangan radikal bebas.

7. Mencegah penyakit kulit

Kandungan vitamin dan beberapa zat penting dalam wortel sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin yang terkandung di dalamnya bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari serangan bakteri, jamur, dan virus berbahaya penyebab penyakit kulit. Misalnya penyakit eksim, kudis, kurap, ruam-ruam merah gatal, dan lain sebagainya. Konsumsilah wortel secara rutin agar kulit tetap sehat.

8. Menyehatkan pencernaan

Seperti halnya manfaat brokoli, sayuran wortel juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan mineral penting yang terdapat di dalamnya dapat membantu membersihkan pencernaan serta menstabilkan suhu di dalamnya. Sehingga sistem pencernaan tubuh selalu dalam kondisi sehat dan terbebas dari gangguan penyakit.

9. Mengobati anemia

Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam wortel juga memiliki peran penting dalam mengatasi masalah anemia. Mengkonsumsi wortel secara rutin dapat membantu meningkatkan sel darah merah dan mempernaiki sel darah yang telah rusak akibat serangan virus dan bakteri. Sehingga tubuh tidak merasa lemas saat terserangan anemia.

10. Melancarkan sirkulasi darah pada area kepala

Bagi ibu yang sedang hamil bisa rutin mengkonsumsi wortel secara rutin. Dengan mengkonsumsi wortel, maka bayi yang lahir akan memiliki rambut yang lebat dan sehat. Hal ini karena adanya nutrisi yang terdapat dalam wortel yang berperan dalam melancarkan sirkulasi darah pada kepala bayi serta mempercepat pertumbuhan rambut pada bayi.

Itulah sepuluh manfaat sayuran wortel bagi kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

0 komentar

Posting Komentar