Selasa, 09 Mei 2017

10 Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan

Manfaat buah mangga untuk kecantikan. Buah mangga merupakan salah satu buah yang memang sudah dipercaya akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Bahkan telah banyak produk kecantikan yang menjadikan buah mangga sebagai bahan utamanya. Hal ini karena adanya kandungan zat penting yang terdapat di dalamnya yang membuat buah mangga sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan dan kecantikan.

10 Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan
10 Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan

Berbicara tentang buah mangga, dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai manfaat buah mangga untuk kesehatan, nah kali ini kita akan membahas apa saja manfaat buah mangga dalam dunia kecantikan. Banyak yang suka mengkonsumsi buah mangga, akan tetapi dibalik kesukaannya ternyata tidak tahu apa manfaatnya. 

Dalam berbagai penelitian, buah mangga telah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah dalam dunia kecantikan, seperti jerawat, komedo, kulit kusam, dan lain sebagainya. Hal ini karena adanya kanudngan beta karoten dan kandungan zat penting lainnya yang ada pada buah mangga. Berikut ini sepuluh manfaat buah mangga untuk kecantikan:

1. Mengatasi masalah jerawat

Kulit wajah yang berjerawat memang sangat terasa tidak nyaman, bahkan sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, sebenarnya anda tidak perlu repot-repot membeli produk mahal pembersih jerawat, cukup dengan memanfaatkan buah mangga sebagai pembersih jerawat alami. Kandungan alpha hydroxl acids atau AHA pada buah mangga mampu mengelupas dan meremajakan kulit. Dan juga kandungan vitamin A yang sebagai antioksidan pembersih jerawat. Anda cukup merebus irisan mangga mentah beserta kulitnya. Setelah dingin, rendamlah kapas pada air rebusan tadi, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

2. Mengatasi masalah komedo

Bagi anda yang memiliki masalah komedo dan susah untuk diatasi secara tuntas, anda bisa memanfaatkan buah mangga sebagai bahan alami pembersih komedo. Buah mangga dipercaya efektif dalam mengatasi maslah komedo. Caranya cukup mencampurkan satu sendok teh daging buah mangga yang sudah dilumati dengan satu sendok teh susu cair atau bubuk, lalu campurkan sedikit madu. Setelah tercampur rata lalu oleskan pada wajah anda dengan gerakan melingkar. Sel-sel kulit yang telah mati akan terangkat dan komedo akan hilang.

3. Mencerahkan kulit wajah

Buah mangga kaya akan kandungan vitamin A dan C yang dapat membantu mengembalikan kondisi kulit tubuh yang telah terbakar oleh sinar matahari. Nah, untuk mencerahkan kulit anda kembali, anda bisa memanfaatkan buah mangga. Cukup menggosokkan kulit mangga pada bagian wajah dan tangan anda yang terbakar sinar matahari atau bagian yang ingin terlihat lebih cerah. Tunggu selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin 2-3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Melemababkan kulit wajah

Kulit wajah yang lembab memang menjadi idaman bagi setiap orang, khususnya bagi para wanita. Lalu bagaimana jika kulitnya ternyata kering dan kusam? Untuk mengatasinya dan membuat kulit menjadi lebih lembab, anda bisa memanfaatkan buah mangga sebagai bahan perawatan alami. Anda cukup menjadikan buah mangga sebagai masker alami wajah anda. Perawatan secara rutin akan menjaga kelembaban kulit wajah anda dengan baik.

5. Mengatasi masalah kulit sensitif

Bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif, anda bisa memanfaatkan buah mangga untuk mengatasi masalah ini. Jadikanlah buah mangga sebagai masker sekaligus perawatan wajah alami. Cukup mencampurkan daging buah mangga yang telah dihaluskan dengan susu, oatmeal, dan madu. Setelah tercampur rata lalu aplikasikan pada kulit wajah anda merata. Sertakan pijatan-pijatan halus dan tunggu selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini tidak akan menimbulkan alergi atau sebagainya.

6. Mencegah dan mengatasi tanda penuaan dini

Tanda-tanda penuaan dini biasanya diawali dengan adanya kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah. Tentu saja hal ini sangat mengganggu penampilan. Untuk mencegah dan mengatasinya agar bisa hilang, anda hanya perlu memanfaatkan buah mangga sebagai bahan perawatan alami. Buah mangga dipercaya mampu menghalau dan mengusir pigmentasi kulit. Selain itu, kandungan dalam buah mangga juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam masalah kulit.

7. Membuat kulit menjadi lebih bercahaya

Kulit wajah bercahaya merupakan idaman bagi setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit yang bercahaya, anda bisa memanfaatkan kandungan yang ada dalam buah mangga. Kandungan di dalamnya diyakini mampu mengawetkan kulit dan meremajakannya. Bahkan kandungan dalam buah mangga juga mampu menghilangkan flek hitam dan kantung mata yang hitam. Sehingga kulit wajah menjadi lebih bercahaya dan lebih cerah.

8. Scrub alami untuk wajah

Buah mangga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda dapat menjadikan buah mangga sebagai bahan dasar scrub untuk kulit wajah anda. Mengapa lebih memilih mangga? Karena kandungan dalam buah mangga mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang terdapat pada wajah. Anda cukup mencampurkan sepotong buah mangga dengan satu sendok makan susu bubuk. Anda juga bisa mencampurkannya lagi dengan satu sendok makan madu. Lalu diaduk hingga rata. Setelah itu, balurkan scrub tersebut pada kulit anda merata sambil dipijat perlahan. Tunggu 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin.

9. Sebagai pembersih wajah alami

Anda juga bisa menjadikan buah mangga sebagai krim pembersih wajah alami. Cara ini sangat jauh lebih aman dibandingkan dengan produk pembersih wajah yang biasa dijual. Untuk membuatnya, anda cukup mencampurkan beberapa potong buah mangga dengan satu sendok teh tepung terigu. Tumbuk atau penyet sampai tercampur rata. Gaunakanlah adonan tersebut sebagai pembersih wajah layaknya pembersih wajah biasa. Lalu bersihkan dengan air bersih.

10. Sebagai masker wajah alami

Selain sebagai pembersih wajah, anda juga bisa menjadikan buah mangga sebagai masker wajah alami. Tentunya masker buah mangga ini akan memberikan manfaat yang lebih alami dan lebih efektif serta lebih aman daripada masker pada umumnya. Sebenarnya bukan hanya buahnya, anda juga bisa menjadikan kulit buah mangga sebagai masker. Caranya, cukup kelupas buah mangga dan ambil kulitnya, untuk dagingnya bisa anda makan atau dijadikan scrub alami. Kulit hasil kelupas tadi silahkan gosokkan pada kulit wajah anda merata. Diamkan selama 15-25 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 2-4 kali dalam seminggu.

Itulah sepuluh manfaat buah mangga untuk kecantikan tubuh, terutama kecantikan kulit. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Manfaatkanlah apapun yang ada di sekitar kita selagi bisa dimanfaatkan. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

0 komentar

Posting Komentar