Sabtu, 13 Mei 2017

10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan

Manfaat buah pepaya untuk kecantikan. Pepaya merupakan salah satu buah yang memang kaya akan manfaat. Buah yang memiliki nama ilmiah Carica Papaya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti baik untuk pencernaan, mencegah penyakit jantung, mencegah asma, dan masih banyak lagi, anda bisa membaca lebih lengkap di artikel manfaat buah pepaya untuk kesehatan.

10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan
Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah pepaya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan tubuh. Bagi anda yang sulit menemukan bahan alami sebagai perawatan kecantikan anda, anda bisa memilih buah pepaya untuk perawatan alami anda. Buah pepaya ini mengandung zat gizi dan nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan nutrisi lainnya yang baik untuk kecantikan. Sehingga anda tidak perlu repot-repot pergi ke salon kecantikan atau ke tempat perawatan kecantikan yang biayanya mahal.

Berbicara mengenai manfaat buah pepaya, sudah banyak orang yang telah memanfaatkan buah yang satu ini. Bahkan telah banyak pula produk kecantikan yang menggunakan buah pepaya sebagai bahan utama produk tersebut. Lantas, apa saja manfaat dari buah pepaya? Berikut ini sepuluh manfat buah pepaya untuk kesehatan:

1. Pemutih alami wajah

Memiliki wajah yang putih dan bersih alami memang idaman bagi setiap orang, khususnya bagi para wanita. Untuk mendapatkan wajah yang seperti itu, tentunya butuh perawatan yang rutin. Salah satu cara perawatan yang bisa anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan buah pepaya. Anda cukup mencampurkan buah pepaya dengan gel lidah buaya lalu gunakan sebagai masker kulit wajah anda.

2. Mencerahkan dan mengurangi noda hitam pada wajah

Kulit yang kusam dan banyak noda hitam bekas jerawat atau yang lainnya, memang sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan buah pepaya. Sama halnya dengan manfaat buah nanas, kandungan zat penting di dalamnya mampu membantu mencerahkan dan mengurangi noda hitam pada kulit wajah. Anda bisa membuat masker pepaya, caranya cukup mencampurkan pepaya dengan susu atau madu. Gunakan masker pepaya ini secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

3. Mengangkat sel kulit mati

Banyaknya sel kulit yang mati biasanya akan menyebabkan kulit menjadi kusam, muncul bercak hitam, dan bahkan muncul banyak jerawat. Untuk merawatnya, sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu memanfaatkan buah pepaya. Buah ini mengandung vitamin A yang baik untuk kulit. Haluskan pepaya dan campurkan sedikit susu. Lalu gunakan sebagai masker kulit wajah. Selain itu, anda juga bisa membuat scrub sendiri, yaitu dengan menghaluskan pepaya lalu campur dengan madu dan minyak zaitun.

4. Melembabkan kulit

Memiliki kulit yang lembab memang terasa sangat nyaman, dan ini merupakan idaman bagi setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit yang lembab, anda bisa memanfaatkan buah pepaya sebagai bahan perawatan alami. Seperti halnya manfaat buah mangga, kandungan air yang melimpah di dalamnya mampu menjaga kelembaban kulit wajah. Cukup haluskan buah pepaya lalu campurkan dengan madu. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Tunggu sekitar 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Mengencangkan kulit

Kurangnya perawatan kulit bisa menyebabkan datangnya gejala penuaan dini, seperti kulit yang mengkerut atau kendur. Untuk mengembalikan dan mengencangkan kembali, anda bisa memanfaatkan buah pepaya. Anda bisa menghaluskan buah pepaya dan campurkan tepung beras serta madu secukupnya. Lalu gunakan sebagai masker wajah. Tunggu selama 20 menit dan bilas dengan air. Lakukan secara rutin seminggu 3 kali.

6. Menjaga kesehatan kulit kepala

Pepaya kaya akan kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Ya, kandungan tersebut akan membantu membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran dan minyak yang menempel. Kandungan dalam pepaya juga dapat membantu menutrisi kulit kepala dan rambut, sehingga rambut tidak mudah kering dan berketombe. Cukup oleskan daging pepaya yang sudah dihaluskan pada kulit kepala anda. Sertakan pijatan perlahan. Lakukan secara rutin.

7. Membuat rambut lebih lebat

Selain menutrisi kulit kepala, kandungan yang terdapat dalam buah pepaya juga dapat membantu memperkuat dan memperlebat rambut. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut akan dapat menjaga kesehatan rambut dan melindungi dari serangan radikal bebas, sehingga kulit kepala menjadi lebih kenyal dan sehat. Cukup mencampurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu dan tepung beras. Aplikasikan pada kulit kepala anda. Lakukan seminggu 3 kali.

8. Merawat kulit yang terbakar sinar matahari

Kulit yang terbakar matahari memang terlihat lebih hitam dan bahkan terasa sangat tidak nyaman serta mengganggu penampilan. Untuk merawatnya agar kembali normal, anda bisa memanfaatkan buah pepaya. Buah pepaya mengandung air dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan tersebut akan memberikan efek dingin, mencegah kerusakan kulit, dan menjaga kulit tetap lembab serta sehat.

9. Meremajakan kulit

Untuk meremajakan kulit, anda juga bisa memanfaatkan buah pepaya. Buah ini kaya akan kandungan enzim papain yang sangat baik untuk kulit anda. Caranya cukup haluskan pepaya dengan blender dan campurkan sedikit madu. Lalu tambahkan tepung beras serta yogurt. Setelah tercampur rata kemudian aplikasikan pada wajah anda yang telah dibersihkan. Oleskan tipis-tipis dan tunggu selama 15-20 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat dan kemudian dengan air dingin. Keringkan kulit dengan handuk lembut dengan cara di tepuk-tepuk.

10. Menurunkan berat badan yang berlebih

Berat badan yang berlebih memang terasa tidak nyaman. Bahkan ketika berat badan berlebih, ingin melakukan aktivitas apapun menjadi malas. Bukan hanya itu, berat badan yang berlebih pun juga terkadang mengganggu penampilan. Lalu bagaimana untuk menurunkan berat badan yang berlebih? Salah satu cara alami yang bisa dilakukan yaitu melakukan perawatan menggunakan buah pepaya. Buah pepaya mengandung enzim yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Maka pembakaran lemak akan lebih optimal. Dengan demikian, program diet anda pun akan lebih maksimal dan lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan tubuh. Manfaatkanlah bahan-bahan alami disekitar kita sebagai bahan perawatan kecantikan, tentunya agar hasilnya lebih alami, maksimal, dan lebih aman. Terima kasih sudah membaca.

1 komentar: