Kamis, 11 Mei 2017

10 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan. Ikan tuna memang tidak diragukan lagi akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ya, kandungan zat gizi dan nutrisi yang terdapat dalam ikan tuna mampu mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari gangguan kesehatan yang ringan hingga penyakit yang memerlukan penanganan serius.

10 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan

Berbicara tentang ikan tuna, kita tidak lah sulit untuk mendapatkannya. Di negara Indonesia ini bisa dengan mudah kita mendapatkan ikan tuna, bahkan hampir di setiap pasar ada yang menjual ikan tuna. Manfaat dari ikan tuna tersebut sebenarnya sangatlah banyak. Bahkan orang-orang terdahulu pun telah mempercayai akan banyaknya khasiat dan manfaat ikan tuna yang baik untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya khasiat dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari ikan tuna tentu tidak lepas dari kandungan zat gizi dan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam ikan tuna. Apa saja kandungannya?

Kandungan Gizi Ikan Tuna

  • Vitamin
  • Lemak dan mineral
  • Protein dan amino acid
  • Asam lemak omega 3
  • Kalori
  • Karbohidrat.

Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan

Dari kandungan banyaknya kandungan zat gizi dan nutrisi yang terdapat dalam ikan tuna tersebut, tentu kita dapat menyimpulkan bahwa ikan tuna memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini sepuluh manfaat ikan tuna yang baik untuk kesehatan:

1. Mencegah penyakit stroke

Mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dapat membantu mencegah datangnya penyakit stroke. Hal ini berdasarkan studi yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi 1-4 porsi ikan tuna dalam porsi makan mereka memiliki 27% lebih rendah terserang stroke iskemik. Maka dari itu, konsumsilah ikan tuna secara rutin agar lebih jauh terhindar dari penyakit stroke.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Ikan tuna memiliki kandungan zat penting yang mampu meningkatkan ukuran fungsi denyut jantung. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya mampu meningkatkan HRV, sehingga jantung tetap terjaga kesehatannya. Mengkonsumsi ikan tuna secara rutin juga mampu melindungi jantung dari irama abnormal yang dapat berakibat fatal.

3. Mencegah obesitas

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan atau obesitas, anda bisa memanfaatkan ikan tuna untuk dikonsumsi secara rutin. Ikan tuna dipercaya mampu mengurangi risiko obesitas sekaligus meningkatkan respon insulin tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan tuna akan merangsang hormon yang disebut leptin, yang mampu membantu metabolisme tubuh serta mengatur berat badan. Maka sangat baik untuk dikonsumsi para penderita obesitas maupun bukan.

4. Mencegah hipertensi

Ikan tuna memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengatasi masalah hipertensi. Bagi anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, silahkan konsumsi ikan tuna secara rutin agar tekanan darah anda bisa menjadi lebih normal. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh seseorang.

5. Mencegah penyakit kanker

Salah satu penyakit mematikan yang sangat perlu kita perhatikan adalah penyakit kanker. Penyakit ini bisa berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh kapanpun. Oleh sebab itu kita perlu waspada, yaitu dengan melakukan pencegahan dengan cara mengkonsumsi ikan tuna secara rutin. Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya mampu mencegah kanker ginjal dan jenis kanker lainnya.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Seperti halnya ikan salmon, ikan tuna juga merupakan sumber selenium yang sangat berguna dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan selenium tersebut berperan sebagai antioksidan pelindung dan penguat tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara rutin akan membantu meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh secara alami. Konsumsilah secara rutin.

7. Menurunkan kadar trigliserida

Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati atau lemak hewani. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara ruin, maka akan dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh anda. Trigliserida dalam darah menunjukkan jumlah lemak yang akan di proses. Jika trigliserida anda tinggi, maka kemungkinan LDL kan meningkat dan menurunkan kadar HDL. Tentu hal ini akan merugikan tubuh, karena pada dasarnya HDL harus lebih tinggi dari LDL. Untuk mencegahnya, konsumsilah ikan tuna secara rutin.

8. Membersihkan pembuluh arteri dan vena

Pembuluh darah manusia layaknya terowongan yang setiap saat menjadi lalu lintas darah. Layaknya jalan pada umumnya, pemuluh arteri juga rentan mengalami kerusakan dan akumulasi kotoran. Ya, pembuluh arteri dan vena semakin lama akan memiliki plak lemak. Maka sangat dibutuhkan pembersih alami untuk membersihkan arteri dan vena, salah satunya adalah ikan tuna. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara rutin, maka pembuluh arteri dan vena akan menjadi lebih bersih dan terjaga kesehatnnya.

9. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang tinggi dalam tubuh seseorang, akan menjadi penyebab dan pemicu datangnya berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu kita perlu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Kadar kolesterol yang meningkat bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi minyak. Untuk mengatasinya, konsumsilah ikan tuna secara rutin. Selain itu, hindarilah makanan yang mengandung minyak berlebih.

10. Menyembuhkan peradangan (anti inflamasi)

Sampai saat ini, obat anti inflamasi yang paling sering digunakan yaitu dengan jenis NSAID (Non-Streroidal Anti Inflamacy Drug). Sebenarnya obat anti inflamasi non steroid terbilang berbahaya bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Hal ini karena bisa memicu munculnya tukak lambung (maag, GERD). Daripada anda menanggung risiko tersebut, sebenarnya anda bisa memanfaatkan ikan tuna. Ikan tuna terbukti bisa menyembuhkan peradangan. Konsumsilah ikan tuna secara rutin.

Itulah beberapa manfaat ikan tuna dalam dunia kesehatan. Semoga kita bisa memanfaatkan ikan tuna dengan baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat bsai kita semua. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

0 komentar

Posting Komentar