Rabu, 10 Mei 2017

10 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat brokoli untuk kesehatan. Brokoli adalah salah jenis sayuran yang sering dihidangkan oleh orang tua untuk anak-anaknya. Ya, banyak orang tua yang memilih brokoli untuk menu sayuran utama sang anak. Hal ini karena brokoli memiliki kandungan zat penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan tumbuh kembang sang anak. Tapi kenapa banyak anak yang tidak suka brokoli? Ya, ini karena brokoli memiliki rasa yang tidak seenak sayuran lainnya.

10 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

Tapi tahukah anda, kalau ternyata brokoli menyimpan kandungan gizi yang melimpah yang sangat bermanfaat bagi tubuh? Itu sebabnya banyak orang tua yang memilih brokoli untuk hidangan sang anak. Apabila kesulitan dalam memberikan brokoli, biasanya orang tua memvariasi menunya dan menghias agar lebih menarik. Sehingga anak akan tertarik untuk mengkonsumsinya.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari sayuran brokoli, dan manfaat itu tentunya berasal dari banyaknya kandungan zat gizi dan nutrisi yang ada dalam brokoli. Mungkin banyak yang belum tahu apa sih kandungan yang ada pada sayuran brokoli?

Kandungan Gizi Brokoli

  • Vitamin A, B, C, dan K
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Kalori
  • Antioksidan

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Dari semua kandungan gizi yang terdapat dalam brokoli tersebut, tentu membuat sayuran yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi brokoli rutin akan sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja dampak baik atau manfaatnya? Berikut ini sepuluh manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang berperan dalam menekan risiko pada gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan sebagainya. Dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin, maka tubuh anda akan lebih terhindar dari berbagai macam gangguan sistem pencernaan.

2. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam brokoli mampu membantu menjaga kesehatan mata. Jadi, bukan hanya wortel saja yang perlu anda konsumsi, brokoli juga perlu anda konsumsi secara rutin agar kesehatan mata anda tetap terjaga. Kandungan lutein pada brokoli juga akan membantu memperbaiki kerusakan mata dan menjaganya dari paparan sinar matahari atau penuaan.

3. Mengontrol kolesterol 

Brokolu mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, serat pada brokoli juga mampu mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Tentu hal ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda. Dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin akan membantu mengontrol kadar kolesterol, yang nantinya juga akan meminimalisir risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Sistem imunitas tubuh sangat penting untuk kita perhatikan. Jika sistem imun tubuh kita menurun, tentu tubuh kita akan mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, anda bisa memanfaatkan brokoli. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya mampu membantu meningkatkan sistem imun agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

5. Mencegah penyakit kanker

Berdasarkan beberapa study yang telah dilakukan, bahwa brokoli memiliki kandungan yang efektif dalam mencegah berkembangnya sel kanker tertentu, terutama kanker prostat dan kanker pa*udara. Dan zat penting dalam brokoli tersebut adalah zat indole dan isothiocyanate serta fitokimia. Maka, konsumsilah brokoli secara rutin agar terhindar dari penyakit kanker yang mematikan ini.

6. Mengontrol tekanan darah

Brokoli memiliki kandungan potasium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah yang tidak menentu atau cenderung tinggi. Dengan mengkonsmsi brokoli secara rutin akan membantu mengontrol tekanan darah dengan lebih baik.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk kita perhatikan dan kita jaga. Mengapa demikian? Karena jantung adalah organ tubuh terpenting yang juga memiliki peran sangat penting dalam kehidupan. Untuk menjaga kesehatan jantung, anda bisa memanfaatkan brokoli untuk dikonsumsi secara rutin. Dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin, maka kesehatan jantung anda akan lebih terjaga dengan baik. Risiko penyakit jantung dan serangan jantung pun akan lebih menurun.

8. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, anda bisa memanfaatkan brokoli untuk membantu menurunkan berat badan anda. Ya, brokoli dipercaya dapat membantu melancarkan diet anda. Jadi, selain anda mengatur porsi makanan anda, anda juga perlu memasukkan brokoli dalam menu diet anda agar bisa berjalan lancar serta maksimal.

9. Menjaga kesehatan kulit

Memiliki kulit yang bersih dan bebas dari penyakit tentu menjadi idaman setiap orang. Untuk mewujudkannya, anda bisa memanfaatkan brokoli untuk dikonsumsi secara rutin. Brokoli mengandung senyawa glucoraphanin yang dapat membantu dalam proses perbaikan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Secara umum, mengkonsumsi brokoli sangat baik untuk detoksifikasi kulit. Kandungan vitamin B, C, dan E serta beta karoten di dalamnya mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit.

10. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Brokoli juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium. Kandungan terserbut akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan vitamin K di dalamnya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang serta mencegah datangnya penyakit osteoporosis. Maka dari itu, konsumsilah brokoli secara rutin agar kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga dengan baik.

Baca juga:
Manfaat Daun Mangga
Manfaat Daun Sirsak

Itulah sepuluh manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan takut dan ragu mengkonsumsi sayuran selagi itu memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

0 komentar

Posting Komentar