Jumat, 31 Maret 2017

Cara Menjaga Pola Hidup Sehat yang Benar

Cara menjaga pola hidup sehat yang benar. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar itu sangatlah penting. Karena hal ini akan berpengaruh pada setiap aktivitas yang dijalani. Ya, kata orang, sehat itu mahal. Dan itu memang benar. Itu sebabnya banyak orang yang melakukan berbagai cara agar kehidupan sehari-harinya bisa selalu sehat dan bugar.

Meskipun sehat itu mahal, sebenarnnya untuk memperolehnya bukanlah hal yang sulit dan juga tidak perlu keluar biaya mahal. Hidup sehat bisa dimulai dari hal kecil dan sekarang juga. Jangan menunda untuk hidup sehat. Menata pola hidup sehat mulai dari hal kecil seperti membiasakan bangun pagi, mandi, sarapan, beraktivitas, tidur tepat waktu, hingga bangun lagi pada tepat waktu. Melakukan hal itu secara rutin dan pada waktu yang sama akan membuat hidup anda terasa lebih bugar dan fit.

Banyaknya aktivitas dan pekerjaan sehari-hari yang selalu padat terkadang membuat seseorang merasa enggan untuk memperhatikan kesehatannya, dengan alasan selalu dikejar waktu dan kepadatan aktivitas. Ini sebabnya kesehatan mereka menjadi menurun. Bahkan diantara mereka juga lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bersenang-senang begadang hingga larut malam sambil cemil makanan. Jika hal ini sering dilakukan, bukan hal mustahil kalau kesehatan selalu menurun.
Cara Menjaga Pola Hidup Sehat dari Sekarang
Cara Hidup Sehat

Memang bukan hal yang mudah kalau pola hidup yang kurang sehat ingin di ubah ke pola hidup yang sehat. Apalagi kalau sudah membiasakan hidup tidak sehat. Ini akan lebih sulit lagi. Pasti akan menemukan banyak kendala didalamnya. Salah satunya adalah tergoda dengan kehidupan masa lalu yang membuat anda ingin kembali ke pola hidup masa lalu. Namun anda jangan khawatir, anda tetap bisa menanam pola hidup sehat dan mulailah dari sekarang.

Cara Menjaga Pola Hidup Sehat

1. Istirahat yang cukup

Dalam hal menjaga kesehatan tubuh, tentu anda perlu melakukan rutinitas istirahat yang cukup. Misalnya, tidur sesuai durasi waktu pada normalnya, tidur tidak larut malam, hingga bangun pada tepat waktu. Lakukan hal itu setiap hari diwaktu yang sama. Ini akan membantu anda menjaga pola hidup yang sehat. Istirahat yang cukup setiap harinya akan membuat hidup tetap bugar dan semangat. berbeda jika tubuh selalu melakukan aktivitas yang berlebihan, ini akan membuat tubuh menjadi cepat lelah, lesu, dan akhirnya terserang berbagai macam penyakit.

2. Olahraga teratur

Selain istirahat yang cukup, anda juga perlu olahraga secara teratur setiap harinya. Ya, selalu berolahraga paling tidak 10 menit dalam sehari, yaitu dipagi hari. Atau mungkin hanya sekedar pemanasan dibawah sinar matahari dipagi hari sebelum menjalankan aktivitas atau pekerjaan anda. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan agar kesehatan anda tetap terjaga dan hari-hari anda pun tetap semangat. Tak perlu olahraga yang berat-berat, anda meluangkan waktu hari libur anda untuk berlari-lari kecil mengelilingi komplek dipagi hari, ini akan menambah kesehatan dan juga semangat serta percaya diri anda.

3. Menerapkan pola hidup bersih

Kebersihan memang sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Ya, dimana tempat itu bersih pasti kemungkinan besar akan tertanam kesehatan yang lebih. Begitu pula sebaliknya. Menerapkan pola hidup bersih bukan hanya baik untuk kesehatan anda, namun juga akan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan aktivitas pun menjadi semangat untuk dijalankan. Tetaplah jaga kesehatan dengan selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih. 

4. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol atau yang memabukkan, dan juga kebiasaan buruk lainnya. Ini perlu anda hindari karena dapat merusak kesehatan tubuh anda. Bukan hanya merusak kesehatan, bahkan umur anda pun akan semakin pendek bila selalu melakukan dan membiasakan kebiasaan buruk tersebut. Tetaplah membiasakan hal yang baik dan yang mendukung kesehatan anda.

5. Perbanyak minum air putih

Air putih atau air mineral merupakan suatu sumber kehidupan bagi kehidupan. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, karena selain tubuh anda terhidrasi, anda pun akan memperoleh kesegaran pada tubuh dan juga kelembapan pada kulit anda. Jadi, bukan hanya bagian dalam tubuh anda saja yang merasa diuntungkan, kesehatn kulit anda pun akan selalu terjaga jika anda membiasakan rutin minum air setiap hari. Setidaknya minum air tiap hari minimal 7-8 gelas.

6. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

Dalam menjaga pola hidup sehat, tentu anda juga perlu memperghatikan pada makanan yang anda makan. Seperti apa makanan yang anda makan dan apakah makanan tersebut layak untuk anda konsumsi. Jangan asal makan dan tidak memperhatikan kandungan gizinya. Memang kebanyakan orang sekarang yang penting makan enak dan pertut kenyang, tidak peduli seperti apa kandungan makanan itu. Pastikan anda selalu mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan gizi lainnya. 

7. Menghindari makanan berlemak tinggi

Berbagai macam makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih memang perlu anda hindari agar kesehatan tetap terjaga. Banyak makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, seperti makanan yang digoreng, bersantan, daging berlemak, kulit ayam, keju, dan makanan lainnya. Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi akan dapat membuat kolesterol dalam tubuh anda terus menimbun dalam pembuluh darah. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti jantung ataupun diabetes.

Dan juga dalam mengolah dan memasak makanan pun harus dengan cara yang benar. Sebab, banyak juga yang tidak memperhatikan bagaimana cara memasak yang benar, sehingga menghilangkan kandungan nutrisi dan gizi dalam makanan tersebut. Baca 5 Kesalahan memasak ikan yang bisa dilakukan banyak orang

Demikian kumpulan beberapa cara untuk menjaga pola hidup sehat anda. Kalau tidak dimulai dari sekarang lalu kapan lagi? Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Ingin punya penghasilan dari blog yang anda kelola? Silahkan baca ini: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tinggi dari Google AdSense

0 komentar

Posting Komentar