Rabu, 29 Maret 2017

5 Kesalahan Memasak yang dapat Menghilangkan Nutrisi pada Ikan

Kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan. Ikan adalah salah satu hewan yang kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satuny adalah baik untuk kesehatan otak. Sebab itu sebagian besar orang pintar suka makan olahan ikan.

Dari banyaknya cara mengolah makanan dari ikan, terkadang banyak juga yang salah dalam memasaknya. Akibat kesalahan dalam memasak tersebut akhirnya membuat nutrisi yang terkandung dalam ikan menjadi berkurang dan bahkan hilang. Sehingga kita pun tidak bisa menikmati olahan makanan dari ikan secara maksimal, karena tidak mendapatkan nutrisi dari ikan secara maksimal. Sebab itu kita perlu mengolahnya dengan baik dan berhati-hati.
5 Kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan
Kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahan masakan ikan, tentunya anda perlu menghindari banyaknya kesalahan dalam memasaknya. Bila anda ingin menghindari, tentunya anda juga perlu mengetahui apa saja kesalahan yang dimaksudkan? Berikut ini lima kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan:

Ingin belajar hijab? Baca di sini: Kumpulan Style Hijab yang Membuat Anda Lebih Percaya Diri 

1. Mencuci ikan setelah dipotong

5 Kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan
Kesalahan memasak pada ikan

Mungkin bagi anda ini merupakan hal yang biasa, yaitu mencuci ikan setelah anda memotongnya menjadi kecil-kecil, lalu kemudian digoreng. Ya, inilah kebiasaan yang dilakukan kebanyakan orang. Namun, tahukah anda jika hanya dicuci dengan air saja masih akan meninggalkan kotoran. Sebaiknya campurkan kunyit dan garam pada air yang digunakan untuk mencuci ikan. Cara ini akan membantu menghilangkan kotoran dan menurunkan kadar mikroba. Ini dikarenakan kunyit dan garam bersifat sebagai anti-bakteri.

2. Menyimpan ikan lebih dari seminggu

5 Kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan
Kesalahan memasak pada ikan
Apakah anda sering melakukan hal ini? Setelah anda membeli ikan, anda lebih senang menyimpannya terlebih dahulu sebelum dimasak. Ya, disimpan dalam beberapa hari dan bahkan berminggu-minggu. Tahukah anda, meskipun anda menyimpan ikan tersebut pada freezer, jika melebihi bermingu-minggu, maka kualitas dan rasanya akan semakin memburuk dan tidak segar lagi. Sebab itu ketika anda mendapatkan ikan, sebaiknya untuk segera diolah dan dimasak agar mendapatkan nutrisi secara maksimal.

Baca juga: Cara Menjaga Pola Hidup Sehat yang Benar

3. Perasan air lemon untuk kurangi merkuri

5 Kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan
Kesalahan memasak pada ikan
Ketika anda ingin memasak ikan, mungkin anda pernah melakukan hal semacam ini, yaitu memberikan perasan air lemon pada ikan yang akan dimasak dengan tujuan agar merkuri pada ikan bisa berkurang. Namun tahukah anda jika memberikan perasan air lemon pada ikan tidak efektif dalam mengurangi kadar merkuri. Hal ini pernah dijelaskan dalam jurnal of exposure analysis and environmental epidemiology. Terutama pada ikan yang setelah dimasak atau diolah.

4. Menggoreng ikan

5 Kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan
Kesalahan memasak pada ikan
Akan sangat nikmat dan gurih pastinya jika ikan diolah dengan cara digoreng. Apalagi kalau ada tambahan sambal. Pasti rasanga sangat enak. Meskipun rasanya enak, gurih, dan juga lezat, sebenarnya olahan ikan dengan cara digoreng kurang baik karena sebagian nutrisi dari ikan akan menghilang. Anda bisa mencoba variates ikan terbaik untuk mendapatkan nutrisi maksimal. Dan juga turunkan asupan garam untuk peningkatan penyerapan asam omega-3.

5. Mengurangi paparan kimia dengan memasaknya

5 Kesalahan memasak yang menghilangkan nutrisi pada ikan
Kesalahan memasak pada ikan
Banyak orang yang meyakini kalau memasak ikan mampu mengurangi paparan kimia didalamnya. Namun hal ini justru kurang sesuai dengan hasil penelitian environmental international yang menunjukkan bahwa  memasak ikan bukan merupakan cara efektif untuk megurangi paparan kimia dalam ikan seperti perfluoroalkyl dan zat polyfluoroalkyl. Jadi, bisa dibilang kurang sempurna atau kurang baik bila hanya untuk mengurangi paparan kimia.

Demikian beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika memasak olahan berbahan ikan. Sekarang anda sudah tahu dan cobalah untuk menggunakan cara lain yang tidak merusak dan menghilangkan nutrisi pada ikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Ingin punya penghasilan dari blog yang anda kelola? Silahkan baca ini: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tinggi dari Google AdSense

Baca juga: cara atasi rambut rontok dengan cepat dan alami

0 komentar

Posting Komentar