Senin, 29 Februari 2016

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya. Kerontokan pada rambut pasti akan dialami setiap orang. Pada umumnya, seseorang akan mengalami kerontokan rambut sebanyak 100 helai per harinya. Dan ini merupakan hal yang wajar terjadi normal bagi setiap orang. Namun bagaimana jika ternyata kerontokan tersebut lebih dari 100 dan bahkan lebih banyak atau berlebihan? Ini berarti ada yang tidak beres, yaitu ada alasan medis tertentu yang membuat rambut anda mudah rontok dan berlebihan.

Kerontokan rambut bisa disebabkan karena banyak hal, pada umumnya adalah karena pola hidup dan juga pola makan yang tidak teratur, sehingga membuat kesehatan tubuh anda menurun, termasuk kesehatan pada rambut anda. Ya, pola atau gaya hidup yang tidak teratur dan juga sembarangan dalam melakukan kebiasaan sehari-hari tanpa ada aturan, ini akan mempercepat rambut anda mengalami kerusakan. Ini sebabnya anda perlu mengatur dan menyusun gaya hidup anda dengan baik. Cara menjaga pola hidup sehat
Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya
Penyebab rambut rontok

Kerontokan pada rambut biasanya diawali dengan rambut yang menipis dan bercabang serta kering. Ketiga masalah rambut inilah yang akhirnya membuat rambut anda mudah rontok. Lalu, apa saja sebenarnnya yang menjadi penyebab rambut anda mudah rontok? Daripada penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Rambut Rontok

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rambut anda mudah rontok. Mulai dari hal kecil yang biasa dianggap spele hingga hal besar yang sangat membahayakan kesehatan rambut. Bukan hanya karena faktor penuaan saja yang bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Tapi juga permasalahan medis, keturunan, dan juga emosional. Dan bahkan kerontokan rambut pun bisa karena penyakit kanker. Baca juga Fakta tentang kanker dan cara pencegahannya. Berikut ini beberapa penyebab rambut anda mudah rontok:

1. Pengaruh hormon

Pada umumnya kerontokan rambut pada pria yang hingga menyebabkan kerontokan adalah disebabkan karena pengaruh hormon. Kesensitifan folikel rambut terhadap hormon dihidrotestosteron telah menjadi dugaan kuat penyebab kerontokan rambut. Kerontokan ini akan terjadi secara perlahan, karena memang tidak semua folikel terpengaruh secara bersamaan. Hal ini juga bisa terjadi pada wanita, namun wanita dimasa menopause akan mengalami perubahan hormon yang juga menyebabkan kerontokan pada rambut.

2. Pengaruh asupan gizi

Gizi yang tercukupi memang sangat diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan pada rambut. Ya, karena asupan gizi yang buruk akan menjadi penyebab kerontokan pada rambut. Awalnya akibat kurangnya kandungan gizi, rambut akan tumbuh menipis dan rapuh secara perlahan dan akhirnya mengalami kerontokan dengan mudah. Bagi anda yang sedang dalam program diet juga perlu berharti-hati, sebab diet yang salah atau diet ekstrim dapat membuat rambut mudah mengalami kerontokan.

3. Pengaruh kemoterapi

Tahukah anda kalau kerontokan rambut akan berdampak pada seluruh tubuh. Termasuk berdampak pada kulit, wajah, dan juga bagian tubuh lainnya. Namun hal ini tidak bersifat permanen. Jika anda berhenti melakukan kemoterapi, ini pilihan tepat bagi anda karena rambut akan bisa tumbuh subur lagi setelag beberapa bulan anda berhenti.

4. Tekanan psikologis serta fisik

Seseorang yang mengalami tekanan pada psikologis dan juga gangguan pada fisik, ia akan mengalami penipisan rambut dan juga mengalami kerontokan dengan mudah. Namun dalam hal ini penderita tidak sampai mengalami kebotakan. Hal ini biasanya disebabkan karena depresi, stres, atau tekanan fisik yang sangat berat. Misalnya tekanan fisik sebab baru selesai operasi besar.

5. Efek samping obat-obatan

Obat-obatan memang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun hal itu dilakukan terpaksa karena penyakit. Karena hal ini akan berdampak pada kesehatan rambut. Rambut akan lebih mudah mengalami kerontokan. Yang termasuk dalam obat-obatan ini misalnya, obat-obatan yang untuk menangani artritis, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, serta depresi. Itu sebabnya anda perlu menghindari mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan.

Gejala Kerontokan pada Rambut

Kerontokan pada rambut biasanya akan menimbulkan berbagai macam gejala. Dan setiap jenis kerontokan pada rambut juga memiliki gejala yang berbeda pula. Gejala tersebut ada yang hanya menyerang pada rambut bagian kepala dan ada juga yang menyerang rambut pada bagian lain. Pada intinya bukan hanya rambut bagian kepala saja.

Jika gejala rambut yang diakibatkan karena faktor kemoterapi, biasanya akan berdampak menyeluruh. Termasuk pada kulit, wajah, dan seluruh tubuh. Namun hal ini tidak bersifat permanen dan akan berhenti setelah penderitanya berhenti dari aktivitas rutin kemoterapi. Dan inipun akan terasa setelah beberapa bulan.

Bentuk pitak pada kebotakan. Hal ini bukan hanya terjadi pada bagian kulit kepala saja, tapi juga terjadi pada bagian alis. Hal ini akan menimbulkan rasa gatal dan bahkan terasa perih pada rambut sebelum mengalami kerontokan.

Pada seorang pria, kerontokan rambut akan terjadi pada usia diatas 35 tahun yang menimbulkan tanda atau gejala seperti:
  1. Rambut yang cenderung bergeser naik
  2. Rambut cenderung membentuk huruf M
  3. Terjadi penipisan rambut pada bagian ubun-ubun dan samping kepala

Sedangkan pada seorang wanita, biasanya kerontokan terjadi karena faktor usia dan perubahan hormon. Yang akan menimbulkan beberapa gejala seperti:
  1. Penipisan rambut hanya terjadi pada bagian atas kepala
  2. Rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan lebih pendek
  3. Gejala ini terjadi setelah masuk masa menopause

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dan juga gejala kerontokan pada rambut. Kini saatnya anda melakukan penanganan dengan baik dan benar. Anda bisa megatasi kerontokan pada rambut dengan bahan-bahan alami yang lebih mudah dicari dan juga lebih minim efek samping. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok dengan cepat dan alami:

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satuny adalah baik untuk kesehatan rambut. Kandungan pada bawang putih mampu membuat rambut menjadi lebih kuat dan terhindar dari kerontokan.
Caranya, Haluskan bawang putih dengan blender secukupnya. Oleskan pada rambut anda secara merata sebelum tidur. Dipagi harinya anda bisa membasuhnya dengan air bersih dan jangan lupa gunakan sampoo untuk membersihkan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Lidah buaya

Siapa yang tidak kenal lidah buaya. Lidah buaya dikenal akan manfaatnya yang dapat membuat rambut lebih hitam, lebat, halus, dan juga lembut. Dan lidah buaya juga dapat memperbaiki sel-sel rambut yang rusak dan menggantinya dengan sel yang baru dan lebih baik. Sehingga rambut tampak lebih sehat.
Caranya, Siapkan lidah buaya berukuran besar dan ambil gelnya. Usapkan pada seluruh rambut anda secara merata hingga meresap pada kulit kepala. Tunggu sekitar 15-20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga rambut anda benar-benar kembali sehat.

3. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah kerontokan pada rambut. Kandungan antioksidan pada teh hijau juga dapat membuat rambut lebih kuat dalam menghadapi serangan radikal bebas diluar. 
Caranya, Siapkan dua kantung teh hijau lalu seduh dengan air hangat. Balurkan seduhan teh hijau pada rambut dan kulit kepala anda secara merata. Tunggu hingga kandungannya meresap pada kulit kepala. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

4. Jahe

Jahe juga memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan rambut yang membuat rambut tetap sehat dan tak mudah rontok. Rambut akan lebih kuat dan juga lebih lebat.
Caranya, Haluskan jahe dengan blender (Anda bisa mengkombinasikan dengan bawang putih). Haluskan keduanya hingga lembut. Lalu oleskan kedua bahan yang telah dihaluskan tersebut pada rambut dan kulit kepala anda secara merata. Setelah itu bilas dengan air bersih dan jangan lupa keramas.

5. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah kerontokan pada rambut. Mungkin jeruk nipis terkenal dengan obat sakit tenggorokan. Tpi jeruk nipis juga efektif mengatasi rambut yang mudah rontok.
Caranya, Iris jeruk nipis menjadi dua atau beberapa bagian. Usapkan pada kulit kepala anda secara merata. Jika sudah, anda bisa membasuhnya dengan air bersih. Lakukan secara rutin, karena selain mengatasi kerontokan juga dapat menghilangkan ketombe secara alami.

6. Alpukat

Alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya baik untuk kesehatan kulit, namun juga baik untuk kesehatan rambut anda. Anda bisa menggunakan buah yang satu ini sebagai bahan alami untuk creambat.
Caranya, Hancurkan alpukan dalam sebuah wadah hingga mengental. Oleskan pada rambut anda dan juga kulit kepala hingga merata. Tunggu selama kurang lebih 20 menit. Lalu bersihkan rambut dengan air bersih dan jangan lupa pakai sampoo.

7. Minyak Kemiri

Minyak kemiri dikenal akan khasiatnya yang mampu menumbuhkan kumis dan juga jenggot dengan mudah dan cepat. Bukan hanya itu, kumis dan jenggot pun akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah rontok. Begitu pula dengan rambut kepala. minyak kemiri dapat anda gunakan untuk perawatan rambut anda yang mudah rontok.
Caranya, Anda bisa membelinya secara langsung. Sekarang sudah ada minyak kemiri sudah ada kemasan dalam botol, anda bisa lengsung memakainya dengan mengusapkan pada rambut anda. Tapi ingat, beli yang original dan jangan yang tiruan atau palsu.

8. Yogurt

Yogrut juga dapat anda gunakan sebagai perawatan untuk mengatasi masalah rambut yang rontok. Kandungan pada yogurt mampu membuat rambut anda menjadi lebih kuat dan lebih sehat. Bukan hanya itu, rambut anda pun tidak akan mudah rontok.
Caranya, Oleskan yogurt pada rambut anda secara merata seperti creambat biasanya. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga rambut anda benar-benar kembali sehat.

Demikian beberapa informasi tentang penyebab kerontokan rambut dan juga cara mengatasinya. Lakukan perawatan secara rutin hingga rambut anda benar-benar menjadi sehat dan tidak rontok lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar

Posting Komentar