Minggu, 02 April 2017

Manfaat Ajaib Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun siri untuk kesehatan dan kecantikan. Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman sirih ini merupakan tanaman asli dari Asia, dan tepatnya di Indonesia. Banyak orang yang memanfaatkan daun sirih untuk pengobatan tradisional. Ya, bahkan dari jaman dahulu pun daun siri sering digunakan orang tua dengan cara dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau, dan kapur. Namun sayangnya sekarang daun siri telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut, sehingga kebiasaan mungunyah daun sirih pun sekarang telah berkurang.

Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kecantikan, dan bahkan juga upacara adat di beberapa daerah. Kandungan zat senyawa yang terdapat pada daun sirim mampu memberikan manfaat yang maksimal untuk kesehatan dan juga kecantikan. Sehingga banyak orang yang menggunakannya untuk berbagai keperluan. Banyka manfaat yang bisa diambil dari daun sirih, seperti menghilangkan bau badan, jerawat, dan keputihan dengan cara direbus. Manfaat inilah yang menjadi keuntungan sendiri bagi mereka yang menggunakannya.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat daun sirih


Mungkin anda yang belum begitu paham dan mengerti tentang daun sirih akan bertanya-tanya, sebenarnnya apa saja sih kandungan yang terdapat dalam daun sirih sehingga banyak orang yang memilihnya untuk dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak kelanjutan artikel ini.

Kandungan Daun Sirih

Daun sirir memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut diantaranya seperti ragam senyawa protein, gula terinduksi dan tidak terinduksi, karbohidrat, vitamin A, C, serat, thiamine, riboflavin, tanin, dan esensial oil. Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Daun sirih juga memiliki kandungan minyak astiri seperti minyak batlephenol, pati, diatase, seskuiterpen, gula, dan zat samak serta kavikol yang memiliki sifat antiseptik, fungsida, antijamur, dan antioksidan. Sangat cocok bagi anda yang ingin tetap terjaga kesehatannya dan tak mudah terserang bakteri jahat.


Manfaat Daun Sirih

Setelah anda mengetahui apa saja kandungan dari daun sirih, kini saatnya anda mengetahui manfaat daun sirih lebih detail lagi. Ya, manfaat daun sirih sangatlah banyak. Selain untuk kesehatan tubuh, daun sirih juga mampu membuat kulit anda menjadi lebih cantik. Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat daun sirih

1. Mengatasi diare

Diare adalah suatu penyakit yang memang sangat mengganggu. Bagaimana tidak, tiap kali anda selalu dibuatnya keluar masuk kamar mandi. Anda bisa mengatasi diare yang anda alami dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih memiliki manfaat yang dapat efektif mengatasi diare. Anda tak perlu susah payah mencari obat. Gunakan bahan alami seperti daun sirih.

Caranya, siapkan 6 lembar daun sirih, 6 butir merica, dan 1 sendok makan minyak. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah lembut, oleskan pada perut anda yang mengalami diare. Cara ini efektif untuk anda lakukan.

2. Mengobati mimisan

Mungkin hal ini sering dilakukan dan biasa dilakukan oleh orang jaman dahulu hingga sekarang. Ya, ketika anda mengalami pendarahan yang keluar dari dalam hidung atau yang disebut dengan mimisan. Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan daun sirih.

Caranya, Siapkan daun sirih satu lembar yang belum terlalu tua. Lumatkan daun sirih tersebut. Gulung dengan sedikit tekanan agar mengeluarkan sedikit minyak. Lalu gunakan daun untuk menyumbatkan hidung anda yang mimisan. 

3. Melancarkan buang air kecil

Jika anda mengalami masalah pada air kencing anda. Misal, anda merasa sering kesulitan untuk buang air kencing karena ketidaklancaran pada pencernaan anda. Anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi hal ini. Cobalah atasi dengan bahan alami yang satu ini.

Caranya, Siapkan lembaran daun sirih secukupnya. Lalu haluskan dengan menggunakan blender hingga menjadi jus. Lalu campurkan susu dan madu. Minum jus campuran ketiga bahan tersebut sebanyak satu kali dalam seminggu. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

4. Mengobati luka bakar

Luka bakar memang sering menggangu, selain rasanya yang perih ketika terkena benda kasar, juga tidak nyaman saat dibuat bergerak. Anda bisa mengatasi luka bakar yang anda miliki dengan perawatan menggunakan daun sirih.

Caranya, remas daun sirih secukupnya dan campurkan madu pada hasil perasan daun tersebut. Lalu bubuhkan campuran bahan tersebut pada kulit anda yang terdapat luka bakar. Lakukan cara ini secara taratur hingga luka bakar anda benar-benar sembuh.

5. Mengobati kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan. Ya, bahkan sebagian besar orang yang menderita kanker berakhir dengan kematian. Ini sebabnya anda perlu berhati-hati dengan penyakit yang sati ini. Namun anda bisa mengobatinya secara perlahan dengan menggunakan daun sirih.

Caranya, ambil beberapa lembar daun siri secukupnya. Lalu rebus dengan air, dan tunggu hingga airnya berkurang 1/4 bagian. Setelah direbus, ambil air hasil rebusan dan campurkn madu didalamnya. Minum air hasil rebusan tersebut 3 kali sehari selagi dalam keadaan hangat. 

6. Mengobati bronkitis

Apakah anda memiliki riwayat batuk bronkitis yang mengganggu? Atasi dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih mampu mengobati bronkitis secara efektif. Cobalah gunakan cara ini secara rutin hingga bronkitis anda sembuh.

Caranya, rebus daun sirih sebanyak 5-7 lembar yang telah dicuci bersama dengan sepotong gula batu. Rebus dengan dua gelas air. Tunggu rebusan hingga tersisa air satu gelas. Minum rebusan tersebut tiga kali dalam sehari dalam takaran sepertiga gelas. Cara ini efektif untuk anda gunakan.

7. Mengobati bisul

Apabila anda terkena bisul, anda jangan panik. Tak perlu repoy-repot mencari obat yang susah didapat. Cukup gunakan bahan alami seperti daun sirih. Ya, anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengobati bisul. 

Caranya, Siapkan daun sirih secukupnya dan tumbuk hingga halus. Hasil bubukan tersebut anda aplikasikan pada area yang terkena bisul. Lakukan cara ini secara rutin agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Mengobati koreng atau gatal-gatal

Daun sirih juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi rasa gatal-gatal dan koreng pada tubuh anda yang disebabkan oleh kuman dan jamur. Daun sirih bersifat antibakteri dan juga antijamur yang sangat efektif untuk mengobati koreng atau gatal-gatal pada tubuh anda.

Caranya, Siapkan 15 - 20 lembar daun sirih. Cuci bersih semua daun sirih yang telah disiapkan. Kemudian rebus dengan air secukupnya. Ambil air hasil rebusan lalu gunakan untuk mengobati koreng dan gatal pada tubuh anda.

9. Mengilangkan bau badan

Apabila anda memiliki bau badan yang tidak enak dan tidak sedap ketika dicium. Anda jangan minder dan jangan khawatir. Hilangkan bau badan tersebut dengan menggunakan daun sirih. Ini cukup efektif untuk menghilangkan bau badan.

Caranya, siapkan 5 lembar daun sirih lalu rebus dengan dua gelas air. Tunggu beberapa saat hingga airnya tersisa satu gelas. Minumlah air hasil rebusan pada saat siang hari. Lakukan secara rutin hingga bau badan anda tak lagi bau tak sedap.

10. Mengobati jerawat

Jerawat yang terdapat pada kulit tubuh kita memang sangat mengganggu, terutama pada daerah kulit wajah yang lebih sering terkena jerawat. Anda bisa mengatasi jerawat tersebut dengan menggunakan daun sirih. Cukup gunakan secara teratur hingga jerawat hilang.

Caranya, siapkan 8 sampai 10 lembar daun sirih. Cuci semua daun sirih dan kemudian ditumbuk kasar atau diremas hingga keluar minyak. Kemudian seduh daun yang telah diremas atau ditumbuk tersebut dengan air panas. Gunakan air hasil seduhan untuk membasuh kulit anda yang terdapat jerawat atau semuanya secara merata pada wajah. Lakukan 2-3 kali dalam sehari secara rutin.


Demikian beberapa manfaat tentang daun sirih untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Semua ini akan memberikan hasil maksimal manakala dilakukan secara rutin dan teratur. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar

Posting Komentar