Minggu, 07 Mei 2017

10 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah apel untuk kesehatan. Apel merupakan salah satu buah yang memang telah terkenal sebagai buah penjaga dan peningkat kesehatan. Bahkan buah apel ini mampu mencegah berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh. Bukan hanya mengatasi penyakit saja, akan tetapi juga dapat membantu anda yang sedang menjalankan program diet.

10 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja buah apel dalam membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh? Yaitu dengan adanya kandungan serat yang tinggi di dalamnya yang membantu membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung. Sehingga asupan makanan yang mengandung kalori bisa lebih diminimalisir.

Berbicara tentang buah apel, ada banyak manfaat yang tersimpan di dalamnya yang bisa kita manfaatkan. Hal ini karena adanya banyak kandungan zat penting pada buah apel. Apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya?

Kandungan Buah Apel

  • Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C.
  • Mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
  • Serat (melancarkan pencernaan dan mencegah lapar).
  • Antioksidan fitokimia (untuk melawan radikal bebas).
  • Tanin (membersihkan dan menyegarkan mulut).
  • Baron (mempertahankan hormon estrogen wanita).
  • Flavonoid (menurunkan risiko kanker).
  • Asam D-glucaric (menurunkan kadar kolesterol).
  • Asam tartar (menyehatkan pencernaan dan membunuh bakteri di dalamnya).

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Dari banyaknya kandungan zat penting yang ada dalam buah apel, semua kandungan tersebut akan memberikan manfaat yang berbeda-beda dan tentunya sangat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut ini sepuluh manfaat buah apel untuk kesehatan:

1. Membantu kerja usus halus

Pencernaan tidak lepas dengan peran atau kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan pengambil nutrisi. Nah, sedangkan buah apel sangat baik dalam membantu proses kerja pencernaan dalam tubuh. Dengan demikian, mengkonsumsi buah apel secara rutin akan dapat membantu mengatasi dan mencegah berbagai macam gangguan pencernaan pada usus halus.

2. Mengontrol gula darah

Bagi anda, khususnya yang memiliki risiko terserang diabetes, anda bisa memanfaatkan buah apel sebagai pencegah dan pengontrol gula darah tubuh anda. Galacturnic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepas hormon insulin. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah apel bagi anda yang memiliki riwayat genetik terserang diabetes agar tidak menjadi lebih parah atau lebih serius.

3. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang memang sudah merenggangg banyak nyawa manusia di dunia ini. Untuk mencegah dan mengobati kanker, lakukanlah sejak dini dengan rutin mengkonsumsi buah apel. Berdasarkan penelitian Cornell University, apel mengandung senyawa triterprnoids yang dapat membantu menghambat sel kanker. Selain itu kandungan lainnya dalam apel juga mampu mengurangi risiko kanker. Maka, konsumsilah secara rutin.

4. Baik untuk kesehatan otak

Kesehatan otak sangatlah penting untuk kita jaga. Dengan otak yang sehat, kita akan dapat memikirkan dan merencanakan suatu hal dengan baik dan sesuai. Namun jika tidak sehat tentu akan kacau. Konsumsilah apel secara rutin untuk menjaga kesehatan otak. Apel telah terbukti melindungi sel-sel neuron pencegah stres oksidatif yang disebabkan neuroroksisitas serta mengurangi gangguan neurodegenerative seperti penyakit alzheimer.

5. Baik untuk kesehatan pencernaan

Seperti halnya manfaat buah mangga, kandungan serat yang melimpah dalam buah apel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Selain serat, apel juga mengandung vitamin dan mineral yang mudah untuk dicerna tubuh. Sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Konsumsilah buah apel secara rutin agar kesehatan pencernaan tetap terjaga dengan baik.

6. Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Bagi anda yang memiliki LDL yang tinggi, atau yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk, anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin. Buah apel mengandung serat larut yang dapat membantu mengikat lemak dalam usus. Pengikatan itulah yang nantinya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

7. Mencegah penyakit batu empedu

Penyakit empedu ini terbentuk karena adanya kadar kolesterol yang tinggi dalam empedu, sehingga akan cenderung mengeras. Bahkan efek jangka panjangnya akan menyebabkan obesitas. Untuk mencegah ar tidak mengalami batu empedu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti apel secara rutin. Hal ini ditujukan agar kadar kolesterol dalam tubuh bisa terkontrol dengan baik.

8. Menyehatkan jantung

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia. Apabila jantung tidak terjaga kesehatannya, maka pemompaan darah ke seluruh tubuh akan terhambat dan tidak maksimal. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan jantung dengan mengkonsumsi buah seperti apel. Apel mengandung senyawa fenolik yang mampu mencegah kolesterol masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika terdapat plak yang terbentuk di dalam arteri, maka kandungan serat laut tersebut akan membantu membersihkannya, sehingga penyakit jantung koroner akan terhindarkan.

9. Mencegah katarak

Memang penelitian belum terlalu meyakinkan kalau buah apel mampu mencegah penyakit katarak. Namun dalam study jangka panjang, menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel, 10-15 persen lebih kecil kemungkinan mengalami penyakit mata katarak.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah apel memiliki kandungan antioksidan quercetin yang tentunya sangat baik untuk tubuh. Berdasarkan penelitina terbaru yang telah dilakukan, bahwa kandungan antioksidan quercetin dalam buah apel mampu membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran seseorang sedang mengalami gangguan atau stres.

Itulah sepuluh manfaat dari buah apel untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua dan semoga bisa membuat kita lebih berkeinginan untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin. Terima kasih sudah berkunjung.

0 komentar

Posting Komentar